WBP Diberikan Pembinaan Kemandirian Pelatihan Tata Boga di Dalam Lapas

Lapas Purwodadi
Selamat Datang di Official Redaksi Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Purwodadi Alamat : Jl. R. Soeprapto No. 54 Purwodadi
Konten dari Pengguna
10 Agustus 2022 14:59 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Lapas Purwodadi tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Sumber : Tim Humas Lapas Purwodadi
zoom-in-whitePerbesar
Sumber : Tim Humas Lapas Purwodadi
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
GROBOGAN – Untuk menunjang keterampilan seseorang diperlukan pembinaan kemandirian dan pelatihan.
ADVERTISEMENT
Pelatihan kemandirian berupa keterampilan tata boga sangat diperlukan agar ekonomi kreatif berbasis masyarakat tercapai dengan baik.
Hal ini dilakukan Lapas Kelas IIB Purwodadi bersama Balai Latihan Kerja Kabupaten Grobogan Selasa (9/8/2022) bertempat di Aula Lapas.
Kemitraan ini dilakukan agar warga binaan pemasyarakatan ketika bebas dari hukuman, akan kembali ke masyarakat dan bisa mengembangkan ilmu keterampilan serta kemandirian secara baik, tegas Kalapas saat membuka kegiatan tersebut.
Dalam kegiatan tersebut Kalapas Soebiyakto didampingi pejabat struktural dilingkungan lapas, diantaranya Mustofa selaku Kepala Seksi Pembinaan Narapidana/Anak Didik dan Kegiatan Kerja, Heri Dwi Santoso selaku Kepala Seksi Keamanan dan Ketertiban.
Sumber : Tim Humas Lapas Purwodadi
Adapun dari BLK Kabupaten Grobogan dihadiri langsung oleh Widodo selaku Kepala, dan didampingi beberapa staf selaku pendamping dalam kegiatan pembinaan kemandirian dan pelatihan tata boga kepada warga binaan.
ADVERTISEMENT
Sebelum dimulai praktek pelatihan tata boga kepada WBP, Widodo selaku Kepala BLK menyampaikan, Kami akan berikan ilmu kepada warga binaan disini, tentu dalam pelaksanaan pelatihan dan kemandirian akan didampingi dari petugas kami, ungkap Widodo dalam menyampaikan paparannya. Kegiatan pelatihan dibagi menjadi 4 kelompok, dan masing-masing kelompok terdiri dari 5 orang WBP.
Dihari pertama dipilih 20 WBP yang diikutkan dalam pelaksanaan pelatihan, terdiri dari 12 WBP laki-laki dan 8 WBP wanita. Untuk hari pertama, dilaksanakan pembuatan batik roll cake, dan tiap kelompok membuat dua roll cake.
Sumber : Tim Humas Lapas Purwodadi
Dalam pelaksanaannya, bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat batik roll cake diantaranya ; gula pasir, telur, ovalet, tepung kunci biru, maizena, susu cair, tepung segitiga biru, baking powder, minyak goreng, dan selai strawberry. Dengan bahan-bahan tersebut, akan dihasilkan 10 buah batik roll cake.
ADVERTISEMENT
Kegiatan berjalan dengan aman, tertib, dan lancar. Hal ini merupakan langkah awal yang dilakukan oleh Lapas Kelas IIB Purwodadi bersama BLK Kabupaten Grobogan untuk memberikan edukasi tentang keterampilan tata boga terhadap warga binaan.
Dikesempatan yang sama, Mustofa selaku Kasi Binadik dan Giatja mengatakan, kegiatan yang baik ini ke depan akan selalu dilaksanakan dan dikembangkan, agar warga binaan pemasyarakatan memperoleh ilmu yang bermanfaat di dalam lapas saat menjalani masa hukuman.
Tujuan lain yaitu WBP yang mendapat pelatihan dan pembinaan bisa mengembangkan wirausaha saat bebas dan kembali ke masyarakat nantinya.
Disisi lain, sesuai INPRES RI Nomor 6 Tahun 2009 tentang Ekonomi Kreatif disebutkan Masyarakat diberikan ruang yang luas guna pengembangan kemandirian berbasis ekonomi kerakyatan.
ADVERTISEMENT
“Ekonomi Kreatif merupakan salah satu aspek yang diperlukan guna capaian Ekonomi Rakyat secara masif dan terukur”.
Sedangkan keterampilan tata boga merupakan ilmu pengetahuan mengenai seni mengolah makanan, dari persiapan, pengolahan, hingga cara menghidangkan makanan.
Disela-sela kegiatan berlangsung, pegawai lapas turut mendampingi WBP yang sedang mengikuti praktek pelatihan kemandirian dengan serius.
Untuk kegiatan hari kedua, dijadwalkan akan diberikan metode pembuatan donuts kepada warga binaan, dan menurut rencana dihari kedua akan dihasilkan 50 donuts dengan ketersediaan bahan yang sudah dipersiapkan. (Redaksi Tim Humas Lapas Kelas IIB Purwodadi)
Sumber : Tim Humas Lapas Purwodadi
(Tim Humas Lapas Kelas IIB Purwodadi)
Kepada Bapak/Ibu silahkan mengunjungi berita terkait kegiatan Lapas Kelas IIB Purwodadi dan dukung kami dalam mewujudkan zona integritas yang berkelanjutan dengan Follow, Like, Komen, Subscribe dan Share.
ADVERTISEMENT
Terimakasih
@kemenkumhamri
@ditjenpas
@kemenkumham_jateng
#KemenkumHAMRI
#KanwilKemenkumhamJateng
#DitjenPas
#Pengayoman
#Pemasyarakatan
#AYuspahruddin
#KamiPasti
#JatengGayeng
#LapasPurwodadi