Ini Agenda Rakernas Apeksi XV di Padang, Ada Marandang dan Bikin Teh Taluah

Konten Media Partner
26 Juni 2022 21:41 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Ilustrasi. Foto: ANTARA
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi. Foto: ANTARA
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Rapat Kerja Nasional Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Rakernas Apeksi) XV di Padang akan dimulai tanggal 7-10 Agustus 2022 mendatang. Selama empat hari itu, delapan acara, suatu event spesial dan tiga kegiatan pendamping dilangsungkan.
ADVERTISEMENT
Asisten I Setdako Edi Hasymi saat ditanyai mengatakan, kegiatan Rakernas Apeksi tidak saja diisi dengan rapat antar pengurus yang notabene seluruh wali kota se-Indonesia. Akan tetapi juga diisi dengan agenda lain.
“Rakernas Apeksi di Padang akan diadakan lebih semarak dan meriah, akan banyak event yang kita selenggarakan,” ucap Edi Hasymi dalam keterangan resminya, Minggu 26 Juni 2022.
Ia menjelaskan memasuki pada hari Minggu (7/8/2022), tiga kegiatan digelar hampir secara bersamaan. Seperti kegiatan “Youth City Changers” yang diadakan di Gedung Youth Center Kota Padang di jalan Bagindo Aziz Chan.
Kegiatan yang merupakan ajang kolaborasi delegasi kaum muda dari 98 kota se-Indonesia itu dimulai pukul 09.00 WIB hingga 15.00 WIB.
“Kegiatan itu merupakan wadah penguatan sinergi para pemimpin kota masa depan. Juga konsolidasi agen perubahan, pembangunan berkelanjutan, pemberdayaan milenial, dan gerakan bangga produk lokal,” sebut Edi Hasymi yang juga Ketua Harian Rakernas Apeksi XV Padang.
ADVERTISEMENT
Selain itu, di hari dan waktu yang sama juga dilaksanakan “Indonesia City Expo” (ICE) tahun 2022. Pembukaan ICE 2022 itu diadakan di RTH Imam Bonjol. Kegiatan ini menghadirkan 120 lebih stand pameran, pertunjukan musik, stand up comedy, serta pertunjukan budaya.
“Kegiatan ini merupakan hiburan bagi seluruh warga kota,”ujar Edi Hasymi.
Jamuan makan malam seluruh wali kota se-Indonesia digelar pada malam harinya mulai pukul 19.00 WIB di Hotel Truntum. Jamuan makan malam yang diselingi dengan pertunjukan budaya itu untuk mempererat silaturahmi antar wali kota.
Lalu pada Senin (8/8/2022), digelar kegiatan “Ladies Program” di Hotel Santika pada pukul 08.00 WIB. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh istri wali kota. Seluruhnya akan mengenakan pakaian tradisional daerah masing-masing.
ADVERTISEMENT
Pembukaan Rakernas Apeksi XV dimulai pada pukul 08.30 WIB di Hotel Truntum. Direncanakan, Rakernas Apeksi XV dibuka Presiden RI, serta menghadirkan dua pembicara.
“Kita mengundang Mendagri Tito Karnavian dan Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan pada pembukaan rakernas,” sebut Edi Hasymi.
Di hari yang sama, seluruh wali kota beserta istri dijadwalkan menanam pohon durian di Sungai Lareh. Penanaman pohon durian digelar mulai pukul 16.00 WIB.
Kemudian kegiatan dilanjutkan dengan peresmian Tugu Apeksi di Kompleks Perkantoran Balaikota di Aie Pacah mulai pukul 19.00 WIB.
Serta dihari ketiga pelaksanaan Rakernas Apeksi XV di Padang dimulai dengan agenda bersih-bersih Pantai Padang pada pukul 06.00 WIB. Dilanjutkan dengan Gowes dan Sarapan, serta kegiatan
“Marandang dan membuat Teh Talua di Pantai Padang. Sementara itu, pada pukul 09.00 WIB digelar Seminar Nasional Dinas Lingkungan Hidup se-Indonesia. Kegiatan yang diadakan di Hotel Mercure itu bertemakan pengelolaan sampah perkotaan," jelasnya.
ADVERTISEMENT