GrabFood Bantu Usaha Dalam Gang Rumah Eksis dan Tumbuh

Konten Media Partner
30 Oktober 2020 20:05 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Ika Marlina memperlihatkan makanan yang dijualnya di GrabFood. Foto: Langkanid
zoom-in-whitePerbesar
Ika Marlina memperlihatkan makanan yang dijualnya di GrabFood. Foto: Langkanid
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Usaha cemilan berupa gorengan daging olahan yang dijual Ika Marlina seorang ibu muda berusia 29 tahun yang tinggal di Ampang, Kecamatan Kuranji, Kota Padang, Sumatera Barat, tidak mengira usahanya itu bakal ramai pembeli.
ADVERTISEMENT
Sebab posisi rumahnya berada di jalan gang sempit sehingga dinilai sangat tidak strategis karena bakalan sulit dijangkau oleh banyak orang. Tapi semenjak usaha Ika ini jadi mitra GrabFood, persoalan itu terpecahkan.
"Usaha saya ini sudah berjalan 5 tahun dan bergabung jadi mitra GrabFood 2 tahun terakhir ini. Dulu sebelum jadi mitra saya berdagang di sekolah-sekolah dan penjualan pun tidak banyak," kata Ika, Rabu 21 Oktober 2020.
Dulu pendapatannya per hari itu dengan menjual gorengan sosis, nugget, mie goreng yang merupakan cemilan untuk anak-anak di sekolah hanya Rp50.000. Memang sangat sulit bagi Ika untuk memperoleh keuntungan dan bahkan sulit untuk mengembalikan modal usahanya.
Masakan mie dan sosis goreng yang dibuat Ika Marlina untuk dijual melalui GrabFood. Foto: Langkanid
Tapi semenjak adanya Grab, usaha Ika pun berubah 100 persen karena pembeli usahanya itu tidak hanya masyarakat sekitar atau anak-anak yang bersekolah lagi. Tapi seluruh warga di Kota Padang bisa membeli gorengan cemilannya itu.
ADVERTISEMENT
"Semenjak menjadi mitra Grab per harinya itu pesanan yang datang itu bisa meningkat 10 kali dengan jumlah transaksi untuk satu pesanan itu minimal Rp25.000 dan hingga Rp50.000. Jadi 10 kali yang datang dalam sehari minimal bisa Rp500.000," ujar Ika.
Ika pun mengaku awalnya agak ragu menjadi mitra Grab karena memang posisi rumahnya itu jauh dari lalu lintas yang mudah dijangkau. Tapi setelah ia coba, ternyata anggapannya itu pun terbantahkan.
"Alhamdulillah ternyata usaha saya berjalan bagus. Apalagi sekarang Covid-19 sulit untuk buka lapak lagi jadi harus di rumah saja menjalani usaha, sehingga keberadaan GrabFood sangatlah membantu. Usaha di gang rumah seperti saya pun tetap bisa terus usaha," ungkap Ika.
Ika Marlina saat menggoreng sosis di dapur rumahnya setelah mendapat pesanan melalui GrabFood. Foto: Langkanid
Teknologi Inklusif Bagi Semua UMKM
ADVERTISEMENT
Teknologi GrabFood membantu jutaan UMKM untuk #TerusUsaha. Sebelumnya, Grab telah memperkenalkan aplikasi GrabMerchant yang didesain untuk mendaftarkan diri sebagai mitra merchant GrabFood, mengelola bisnis, mengatur menu, membeli kebutuhan dapur, dan bahkan membuat iklan untuk promosi usaha. Aplikasi ini dapat diunduh secara gratis melalui AppStore dan Google Play.
GrabAds Ad Manager melalui aplikasi GrabMerchant membantu mitra merchant dapat dengan mudah mengelola iklan untuk ditampilkan di dalam aplikasi Grab - hanya dalam waktu tiga menit! Mitra merchant dapat membuat iklan tanpa harus menyewa desainer dengan menggunakan serangkaian fitur yang tersedia. Dengan 3 langkah mudah yakni memilih tipe iklan, memilih target pengguna, dan mengatur anggaran dan periode pemasangan iklan, mitra merchant juga dapat memilih tipe iklan yang diinginkan.
ADVERTISEMENT
Mulai digitalisasi bisnis Anda bersama Grab melalui www.grabforgood.id. (*)