Gempa Solok Dipicu Sesar Sumatera

Konten Media Partner
21 Juli 2018 18:38 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Langkan, Padang- Gempa berkekuatan 5,5 magnitudo yang mengguncang Kota Padang, Kabupaten Solok dan beberapa daerah di Sumatera Barat merupakan jenis gempa tektonik kerak dangkal (shallow crustal earthquake).
ADVERTISEMENT
“Yang terjadi akibat aktivitas Zona Sesar Sumatera (Sumatera Fault Zone) pada segmen Sumani,” ujar Kepala Pusat Gempa dan Tsunami BMKG Rahmat Triyono, S
Rahmat mengatakan mekanisme sumber menunjukkan gempa ini dibangkitkan deformasi batuan, dengan mekanisme pergerakan jenis sesar geser mendatar (Strike Slip).
Kata dia, dampak gempa berdasarkan Peta Tingkat Guncangan (Shakemap BMKG) menunjukkan, guncangan dirasakan beberapa kabupaten dan kota di Sumatera Barat. Misalnya di Kota Padang dan Painan I-II SIG (II-V MMI).
Sesuai dengan laporan dari masyarakat, gempa ini dirasakan di Gunungtalang II SIG BMKG (V MMI), Kota Padang II SIG BMKG (III-IV MMI), Bukittinggi II SIG BMKG (III MMI), Padang Panjang dan Padang Pariaman I-II SIG BMKG (II-III MMI), dan Sawahlunto I SIG BMKG (II MMI).
ADVERTISEMENT
Sebelumnya gempa tektonik berkekuatan 5.5 magnitudo terletak pada koordinat 1,07 LS dan 100,55 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 15 km arah barat daya Kota Solok, Kabupaten Solok. Kedalamannya mencapai 14 km.