Belajar Masak Randang? Ikuti Nusantara Marandang di Senayan

Konten Media Partner
2 Desember 2018 7:26 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Belajar Masak Randang? Ikuti Nusantara Marandang di Senayan
zoom-in-whitePerbesar
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Langkan.id, Padang- Pemerintah Provinsi Sumatera Barat menggelar Nusantara Marandang di Area Parkir Timur Blok Utara Senayan, Jakarta, Mingggu 2 Desember 2018.
ADVERTISEMENT
"Kami ingin melestarikan dan mamatenkan randang sebagai aset dan budaya tak benda di Sumatera Barat," ujar Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitnio, Sabtu 1 Desember 2018.
Irwan mengatakan, kegiatan ini untuk mempromosikan randang sebagai kuliner khas Sumatera Barat, secara nasional dan internasional.
Selain itu, kata dia, dengan adanya Nusantara Marandang ini, muncul SOP pembuatan randang yang benar dan sesuai cita rasa masakan Minangkabau.
"Misalnya, takaran bumbu, kelapa, jenis daging, cara memasak dan lama waktu memasak," ujarnya.
Ia menyebutkan, randang menjadi daya tarik untuk wisatawan. Apalagi masakan khas Minangkabau itu dikenal sebagai makanan terlezat versi CNN.
Kata Irwan, Nusantara Marandang ini direncanakan akan memecahkan rekor dari Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) yang berupa hasil kreasi memasak randang.
ADVERTISEMENT
"Acara ini nantinya diharapkan dapat pecahkan rekor MURI dengan hasil kreasi memasak randang," katanya.
Irwan mengatakan, randang dapat dikembangkan ke selurh pelosok Indonesia Masing-masing daerah memiliki pabrik pengolahan. Namun, cita rasa randangnya harus dengan yang di Sumatera Barat. (M. Hendra)