Tips Menjaga Kualitas Komunikasi Bagi Pasangan Bekerja

30 Juni 2019 10:00 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Ilustrasi pasangan suami istri. Foto: Shutterstock
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi pasangan suami istri. Foto: Shutterstock
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Banyak orang yang mungkin berharap hidup semakin indah setelah menikah. Memang hal tersebut tidaklah salah. Namun yang perlu disadari, bahwa pernikahan bukan cuma yang indah-indah saja. Setelah menjalani pernikahan dan hidup bersama, berbagai persoalan mungkin akan timbul.
ADVERTISEMENT
Ada persoalan yang mungkin saja muncul dalam biduk rumah tangga. Segala macam persoalan di sana-sini perlu diatasi bersama pasangan Anda. Salah satunya adalah komunikasi, atau lebih spesifiknya kurang waktu untuk mengobrol berdua.
Hal itu lazim dialami oleh pasangan, terutama jika keduanya bekerja. Keadaan bekerja dengan segala tanggung jawabnya mungkin akan mengurangi waktu Anda dan pasangan untuk berbincang satu sama lain.
Kondisi yang tak berjalan mulus itu menyebabkan menurunnya kuantitas dan kualitas komunikasi. Kuantitas yang dimaksud adalah persoalan waktu. Karena sama-sama bekerja dari pagi hingga sore hari, maka waktu luang yang tersedia hanya pada malam hari saja.
Kualitas komunikasi di dalam rumah tangga mungkin juga tidak terlalu bagus karena sama-sama lelah fisik dan psikis. Contohnya, kualitas komunikasi antara Anda dan pasangan menurun saat punya waktu senggang untuk berbincang namun malah tak berbicara karena asyik bermain gadget atau mengerjakan pekerjaan yang dibawa ke rumah.
ADVERTISEMENT
Kondisi seperti itu tidak dapat dibiarkan berlarut-larut. Akibatnya keharmonisan pernikahan menjadi berkurang. Psikolog Gita Aulia Nurani M.,Psi. memiliki jalan keluarnya untuk Anda. Simak tips berikut ini:
1. Membatasi penggunaan gadget
Jika Anda dan pasangan sudah pulang bekerja, jadikan rumah sebagai kesempatan yang baik untuk berdua. Anda berdua dapat fokus membicarakan keadaan hari ini setelah sama-sama sibuk di kantor. Jauhkan gadget untuk beberapa saat dari tempat di mana Anda dan pasangan berbincang. Sebab, gadget yang berada di samping Anda akan membuat Anda tidak fokus.
2. Melakukan pillow talk
com-Ilustrasi pasangan Foto: Shutterstock
Nah, jangan sampai saat mau tidur Anda dan pasangan masih memegang gadget. Saat sudah di tempat tidur jadikan kesempatan itu sebagai waktu rileks dan tenang. Anda dan pasangan dapat bertukar pikiran. Selain kualitas komunikasi terjaga, Anda juga akan merasakan hubungan yang lebih intim saat melakukan pillow talk.
ADVERTISEMENT
3. Tetap saling berkabar saat di kantor
com-Ilustrasi menggunakan handphone di dalam bus Foto: Shutterstock
Kemudahan komunikasi online sudah seharusnya dimanfaatkan untuk mempererat hubungan pernikahan Anda dan pasangan. Seringkali proses ini hanya intens dilakukan selama masa pacaran atau sebelum menikah saja. Padahal setelah menikah, komunikasi yang baik dan mengungkapkan perasaan lewat kata-kata manis tetap perlu dilakukan.