Tips Aplikasikan Makeup saat Kulit Kering dan Pecah-pecah

29 Januari 2020 9:19 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Ilustrasi makeup untuk kulit kering. Foto: Shutter Stock
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi makeup untuk kulit kering. Foto: Shutter Stock
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Permasalahan kulit yang dialami setiap perempuan berbeda-beda. Ada yang masih bertarung melawan jerawat, kulit kusam, kulit sensitif hingga kulit kering dan pecah-pecah.
ADVERTISEMENT
Khusus pemilik kulit kering dan pecah-pecah, tampaknya agak sulit bila ingin mengenakan makeup. Bila dilakukan dengan cara yang salah, makeup akan terlihat menggumpal, patchy atau terlihat retak, hingga tidak menempel sempurna pada wajah.
Ladies, pernah mengalaminya? Bila iya, jangan khawatir. Anda bisa menerapkan beberapa tips ini agar memulaskan makeup pada kulit kering dan pecah-pecah menjadi lebih mudah. Simak ulasannya:

1. Persiapkan kulit sebersih mungkin

Ilustrasi perawatan wajah. Foto: Shutterstock
Sebelum memulai merias wajah, pastikan wajah Anda siap untuk dirias dan dalam keadaan sebersih mungkin. Melansir Glamour, ada baiknya gunakan micellar water terlebih dahulu sebelum memulaskan skin care dan makeup pada wajah. Micellar water berfungsi untuk membersihkan wajah namun tidak membuat kulit kering.
Selain itu, Anda juga bisa menggunakan exfoliating pad, semacam kapas yang berisi cairan eksfoliator ringan untuk melembapkan wajah yang mengandung glycolic acid. Exfoliating pad berguna untuk menghilangkan sisa-sisa kulit mati pada wajah tanpa membuat kulit iritasi. Pulaskan pada area hidung, dagu, alis, dan area lainnya pada wajah yang terasa kering.
ADVERTISEMENT

2. Selalu gunakan facial mist sebelum dan sesudah makeup

Menyemprotkan Face Mist Foto: thinkstock
Facial mist memberikan kelembapan ekstra pada wajah tanpa terasa berlebihan. Maka dari itu, facial mist menjadi teman sejati pemilik kulit kering karena bisa disemprotkan kapan pun kulit terasa kering, baik sebelum dan sesudah makeup. Anda bisa memilih facial mist dengan kandungan hyaluronic acid yang berfungsi untuk memberikan hidrasi maksimal pada wajah.

3. Gunakan pelembap bertekstur tebal untuk hidrasi maksimal

Ilustrasi memakai pelembap Foto: Shutterstock
Menggunakan pelembap bertekstur tebal dan creamy menjadi salah satu poin penting yang harus diperhatikan sebelum makeup. Dituturkan oleh makeup artist ternama asal Amerika Serikat, Katie Jane Hughes, penggunaan moisturizer sebaiknya dilakukan dari bagian luar wajah (rahang, pipi, bagian samping dahi) menuju bagian dalam wajah (pipi, dagu dan hidung). Cara ini dianggap lebih aman dilakukan untuk pemiliki kulit kering.
ADVERTISEMENT

4. Jangan lewatkan penggunaan eye cream

Ilustrasi menggunakan eye cream, krim mata Foto: Shutterstock
Terkadang, pemilik kulit kering juga merasakan area mata terasa kering, gelap dan kendur. Untuk itu, jangan lupa gunakan eye cream sebelum menggunakan makeup, terutama saat akan memulaskan concealer. Katie mengatakan, rajin menggunakan eye cream dapat memberikan efek mata lebih cerah sekaligus concealer akan lebih membaur sempurna.

5. Pilih foundation yang dewy

Ilustrasi Perempuan Mengaplikasikan Foundation Foto: Shutterstock/Vladimir Gjorgiev
Bila Anda memiliki kulit kering, pilihlah foundation yang memiliki hasil akhir dewy atau tidak terlalu matte. Sebab, foundation bertekstur dewy lebih mudah dibaurkan pada pemilik kulit berminyak karena memiliki kelembapan yang sesuai. Sebaliknya, bila kulit kering dipulaskan foundation matte, hasilnya kulit akan terasa lebih kering dan justru semakin pecah-pecah.

6. Aplikasikan makeup berjenis krim

Ilustrasi perempuan makeup Foto: dok.Shutterstock
Produk makeup yang padat seperti bedak compact atau blush on, dapat membuat kulit semakin terlihat patchy (retak-retak) bila dipulaskan pada pemilik kulit kering. Agar hal ini tidak terjadi, sebaiknya aplikasikan makeup berjenis krim seperti creamy blush on, stick contour, liquid highlighter. Tekstur yang creamy, membuat makeup terlihat lebih natural dan tahan lama.
ADVERTISEMENT

7. Bersihkan makeup dengan cleansing oil

Ilustrasi Cleansing Oil. Foto: Shutterstock
Setelah menggunakan makeup seharian, satu hal yang tak boleh dilewatkan adalah membersihkan makeup sebersih mungkin agar tidak menempel di wajah. Bila perlu, bersihkan wajah dengan teknik double cleansing menggunakan cleansing oil atau pembersih makeup dengan kandungan minyak.
Biasanya, cleansing oil memiliki kandungan yang ramah di kulit, sekali pun untuk kulit kering hingga sensitif. Tak hanya itu, penggunaan cleansing oil juga membuat wajah lebih lembap dan mampu melunturkan sisa-sisa sel kulit mati pada wajah.
Setelah penggunaan cleansing oil, Anda bisa mencuci muka dengan sabun wajah kemudian dilanjutkan dengan micellar water sebelum penggunaan skin care di malam hari.