Masih Muda Tapi Sudah Ubanan? Ketahui Penyebab dan Cara Mengatasinya

3 Juli 2020 11:59 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Ilustrasi Uban di Usia Muda Foto: Dok. Shutterstock
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Uban di Usia Muda Foto: Dok. Shutterstock
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Saat usia menua, kemunculan uban adalah hal yang wajar. Namun bagaimana jika uban muncul di usia muda, seperti usia 20-an? Apakah hal tersebut normal?
ADVERTISEMENT
Uban pada rambut memang tidak selalu dikaitkan dengan penuaan. Menurut Medical News Today, uban sendiri bisa muncul di segala rentang usia, baik itu remaja hingga orang-orang berusia 20-an. Kemunculan uban biasanya disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya perubahan atau berkurangnya kadar melanin dalam rambut.
Selain faktor itu, banyak faktor lain yang bisa mengakibatkan munculnya uban terutama pada usia muda, seperti keturunan, kekurangan vitamin, gaya hidup tak sehat, mengonsumsi alkohol, hingga pemilihan sampo yang kurang tepat.
Ilustrasi Uban di Usia Muda Foto: Dok. Shutterstock
Kemunculan uban di usia muda memang bisa mengganggu penampilan dan menurunkan rasa percaya diri. Namun jangan khawatir, sebab ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi kemunculan uban pada rambut. Menariknya, cara-cara ini juga terbilang mudah dan bisa Anda praktikkan sendiri di rumah. Apa saja?
ADVERTISEMENT

1. Perbanyak konsumsi makanan yang mengandung vitamin dan mineral

com-Ilustrasi bahan makanan sehat. Foto: Shutterstock
Siapa sangka ternyata makanan yang kita konsumsi sehari-hari juga berpengaruh terhadap kemunculan uban. Karena itu, untuk mengatasi uban di usia muda, perhatikanlah asupan makanan yang Anda konsumsi sehari-hari.
Selain itu, perbanyaklah mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin B12, vitamin D, tembaga, zat besi, dan asam folat. Beberapa vitamin dan mineral itu kabarnya berperan penting dalam pigmentasi rambut.
Untuk mendapatkan kandungan vitamin B12, Anda bisa memperoleh dari telur, hati, ikan, kerang, dan sereal. Sementara, untuk vitamin D anda bisa mendapatkannya dari susu, salmon, dan juga keju.

2. Pilih produk rambut yang tepat

Ilustrasi Sampo Foto: Dok. Shutterstock
Berbagai pewarna dan produk rambut berbahan kimia (termasuk sampo), ternyata bisa berkontribusi terhadap munculnya uban di usia muda. Banyaknya kandungan kimia dalam berbagai produk rambut itu bisa mempengaruhi produksi melanin, serta menghentikan produksi melanin sebelum waktunya.
ADVERTISEMENT
Untuk mengatasi uban di usia muda, cobalah untuk memilih produk rambut yang tepat. Selain itu, hindarilah memilih produk rambut yang mengandung zat hidrogen peroksida, yang bisa merusak melanin pada rambut.

3. Hindari stres

Ilustrasi perempuan stres. Foto: Shutterstock
Selain pemilihan produk rambut yang tidak tepat, ternyata kemunculan uban di usia muda juga bisa disebabkan oleh stres. Menurut sebuah penelitian yang dimuat dalam jurnal Nature Medicine, stres bisa menipiskan sel induk dari pangkal folikel rambut. Lebih lanjut, penelitian itu juga menyebut bahwa jika stres berkepanjangan bisa mempercepat penuaan dini tiga kali lebih cepat.
Karena alasan itulah, kita disarankan untuk mengendalikan stres sebaik mungkin untuk mengatasi serta mencegah kemunculan uban di usia muda. Ada banyak yang bisa Anda lakukan untuk meredam stres, mulai dari mendengarkan musik, pergi jalan-jalan, hingga melakukan aktivitas favorit lainnya.
ADVERTISEMENT

4. Berhenti merokok

Ilustrasi Stop Merokok. Foto: Shutter Stock
Marie Jhin, MD, seorang ahli dermatologi asal Amerika Serikat, mengatakan bahwa merokok bisa menyebabkan penyempitan pembuluh darah di kepala. Nah, jika aliran darah yang mengandung oksigen menuju folikel rambut jadi berkurang, maka rambut pun akan cepat rontok dan beruban.
Meskipun tak bisa mengembalikan warna rambut menjadi hitam kembali, namun Marie menyebut bahwa berhenti merokok bisa membantu menghambat munculnya uban yang lebih banyak pada rambut.

5. Cat rambut dengan pewarna alami

Ilustrasi Black Tea Foto: Dok. Shutterstock
Apabila uban telah muncul dan Anda tidak sabar ingin segera menghilangkannya, maka Anda bisa menggunakan black tea atau teh hitam sebagai cat rambut alami. Teh hitam sendiri dipercaya bisa membuat rambut lebih gelap dan juga lembut. Untuk mendapatkan khasiatnya, Anda bisa merendam 3-5 kantong teh hitam dalam 2 gelas air mendidih selama 15 menit, lalu biarkan hingga dingin. Cucilah rambut secara teratur dengan menggunakan air tersebut agar uban segera hilang.
ADVERTISEMENT
----
Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona.
*****
Yuk! bantu donasi atasi dampak corona.