Manfaat Ampas Kelapa untuk Kecantikan, Dijadikan Masker hingga Scrub Wajah

10 Juli 2020 9:36 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Ilustrasi Tepung Kelapa Foto: Shutterstock/Africa Studio
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Tepung Kelapa Foto: Shutterstock/Africa Studio
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Selama ini kita kerap membuang ampas kelapa karena dianggap tak bermanfaat. Padahal, ampas kelapa memiliki banyak manfaat untuk tubuh, salah satunya untuk kecantikan.
ADVERTISEMENT
Ampas kelapa sendiri biasanya didapat dari hasil samping pembuatan santan. Ketika airnya telah diperas (menjadi santan), maka sisa dari daging parutan kelapa tersebut akan menjadi ampas kelapa.
Umumnya, ampas kelapa dijadikan pakan ternak atau justru dibuang karena dianggap sudah tak bermanfaat lagi. Padahal, ampas kelapa bisa dimanfaatkan sebagai scrub atau masker untuk perawatan kecantikan.
Lalu, manfaat-manfaat kecantikan apa saja yang bisa didapat dari ampas kelapa? Melansir StyleCraze, berikut kumparanWOMAN rangkum untuk Anda.

Melembapkan kulit kering

Kulit sehat dan lembap. Foto: Shutterstock
Kandungan lemak yang ada di dalam ampas kelapa ternyata bisa membuat kulit wajah jadi lebih lembap. Selain itu, kandungan lemak dalam ampas kelapa juga dianggap bisa mengatasi kulit kering. Untuk mendapatkan manfaat ini, Anda bisa menjadikan ampas kelapa sebagai masker wajah. Caranya, aplikasikanlah ampas kelapa pada wajah dan diamkan selama 15 menit. Jika sudah, bilas wajah dengan air hingga bersih dan keringkan.
ADVERTISEMENT

Melembapkan rambut

Ilustrasi Masker Rambut dengn kelapa. Foto: Ilustrasi Masker Rambut
Tak hanya bermanfaat untuk perawatan kulit, ternyata ampas kelapa juga bisa dimanfaatkan untuk perawatan rambut. Disebut demikian, karena ampas kelapa mengandung lemak yang diklaim bisa membuat rambut tampak lebih sehat dan lembap. Selain itu, ampas kelapa juga bisa membuat rambut tampak lebih halus dan berkilau.
Untuk mendapatkan manfaatnya, aplikasikanlah ampas kelapa pada rambut yang telah dibersihkan. Setelah itu pijat lembut pada bagian kulit kepala, dan biarkan selama 15-20 menit. Setelah itu bilas dengan air hingga bersih.

Dijadikan sebagai scrub wajah

Scrub wajah dengan ampas kelapa. Foto: Shutterstock
Selanjutnya, Anda juga bisa memanfaatkan ampas kelapa sebagai scrub wajah. Scrub dari ampas kelapa ini dianggap bisa membersihkan pori-pori dan membantu pengelupasan sel kulit mati. Sehingga kulit wajah pun akan jadi lebih lembut dan tampak sehat.
ADVERTISEMENT
Caranya, campurkan ampas kelapa dengan beberapa sendok gula hingga merata. Aplikasikan scrub tersebut ke wajah, lalu gosok ampas kelapa pada wajah selama lima menit. Bilas wajah dengan air bersih, lalu keringkan.
----
(Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona)