Haruskah Rutin Ganti Shampo dan Kondisioner untuk Miliki Rambut Sehat?

19 Maret 2023 12:32 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Ilustrasi perempuan dengan rambut berwarna. Foto: metamorworks/Shutterstock
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi perempuan dengan rambut berwarna. Foto: metamorworks/Shutterstock
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Ladies, memiliki rambut yang sehat tentu jadi dambaan banyak orang. Berbagai cara pun dilakukan, mulai treatment di klinik serta menggunakan produk perawatan rambut yang tersedia di pasaran.
ADVERTISEMENT
Bicara soal produk perawatan rambut, kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan sampo dan kondisioner. Sebab kedua produk ini menjadi kunci rambut yang sehat.
Sampo berguna untuk membersihkan rambut dari kotoran, debu, dan juga minyak yang bisa membuat rambut berketombe. Kemudian kondisioner berfungsi untuk menjaga pelembap dan sumber nutrisi bagi rambut.
Sampo dan kondisioner Foto: dok. Freepik
Ada pendapat bahwa bahwa sampo dan kondisioner harus rutin diganti. Sebab jika digunakan dalam jangka waktu lama maka tidak akan efektif untuk merawat rambut.
Dikutip dari Well and Good, tidak ada waktu pasti kapan kamu harus mengganti sampo ataupun kondisioner. Semua berdasarkan dengan kondisi kulit kepala. Tapi, ada beberapa tanda yang perlu kamu perhatikan.
Nah, berikut ini beberapa hal yang bisa menjadi tanda bahwa kamu harus segera mengganti sampo dan kondisioner. Kira-kira apa saja ya? Simak penjelasannya seperti kumparanWOMAN rangkum dari beberapa sumber berikut ini.
ADVERTISEMENT

1. Rambut terasa kotor meski sudah keramas

Ilustrasi Rambut Berminyak dan kotor Foto: Shutter Stock
Kedengarannya menjijikkan, tetapi salah satu tanda kamu harus segera mengganti sampo adalah ketika merasa rambut tidak terasa bersih meski sudah keramas. Ini mungkin karena sampo sudah tidak bisa bekerja secara efektif.
Mengutip Cleveland Clinic, penumpukan kotoran di rambut bisa jadi alasan untuk mengganti sampo. Sebab sampo yang kamu gunakan sudah tidak lagi bermanfaat bagi kebersihan kulit kepala.

2. Rambut lepek

Ilustrasi rambut lepek. Foto: Shutterstock
Dikutip dari Well and Good, ketika rambut terasa lepek dan tidak ber-volume setelah keramas, itu juga bisa menjadi tanda untuk mengganti sampo dan juga kondisioner. Mungkin produk yang kamu gunakan sudah tidak efektif untuk mencegah produksi minyak yang berlebihan di kulit kepala sehingga membuat rambut terkesan lepek meski setelah keramas.
ADVERTISEMENT

3. Helai rambut terasa kering

Ilustrasi perempuan dengan rambut kering usai diwarnai. Foto: aijiro/Shutterstock
Jika kamu melihat lebih banyak rambut kusut atau merasa helai rambut terasa lebih kering, ini juga jadi tanda bahwa kamu harus segera mengganti produk sampo dan kondisioner yang digunakan. Hal ini bisa disebabkan karena kandungan pada sampo atau conditioner sudah terlalu keras dan kamu membutuhkan produk yang lebih melembabkan.
Nah, itu tadi beberapa tanda kamu harus ganti sampo dan kondisioner, Ladies. Perhatikan ya agar rambutmu sehat dan bebas dari masalah.