Harry Hengkang, Ratu Elizabeth II Beri Gelar Baru ke Pangeran William

26 Januari 2020 13:43 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Potret Pangeran William Foto: AFP/ADRIAN DENNIS
zoom-in-whitePerbesar
Potret Pangeran William Foto: AFP/ADRIAN DENNIS
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Ratu Elizabeth II memberikan gelar baru kepada Pangeran William. Gelar baru yang diberikan kepada Duke of Cambridge itu adalah Lord High Commissioner to the General Assembly of The Church of Scotland.
ADVERTISEMENT
Melansir People, berdasarkan gelar tersebut, Pangeran William akan menjadi perwakilan pribadi kerajaan Inggris untuk gereja Skotlandia. Selain itu, Pangeran William juga akan melakukan berbagai kunjungan resmi dan tugas-tugas seremonial, hingga membuat pidato pembukaan dan penutupan untuk majelis, serta acara resmi lainnya yang berhubungan dengan gereja Skotlandia.
Potret Pangeran William dan Pangeran Harry Foto: AFP/CARL DE SOUZA
Gelar baru itu secara resmi diterima oleh Pangeran William pada Sabtu (25/1) waktu setempat. Pangeran William sendiri mengambil alih gelar baru itu dari Richard Scott, Duke of Buccleuch ke-10 dan Duke of Queensberry ke-12. Sebelumnya, Putri Anne juga pernah memegang gelar tersebut.
Pemberian gelar baru kepada Pangeran William itu tepat satu minggu setelah pencopotan gelar kerajaan pada Pangeran Harry dan Meghan Markle. Artinya, Pangeran Harry dan Meghan Markle tidak lagi menyandang gelar His/Her Royal Highness (HRH) atau ‘Yang Mulia’ di depan nama mereka.
Ratu Inggris menyapa cucunya, Pangeran Harry di Chelsea Flower Show pada hari pers di London, Inggris 18 Mei 2015. Foto: REUTERS/Julian Simmonds/pool
Pencopotan gelar kerajaan pada Pangeran Harry dan Meghan Markle itu dinyatakan langsung oleh Ratu Elizabeth II dan diumumkan secara resmi oleh Istana Buckingham, pada Sabtu (18/1) waktu setempat. Dalam pernyataannya, Ratu Elizabeth mengatakan, keputusan itu diambil setelah mereka membicarakannya berbulan-bulan lalu, dan berdasarkan diskusi yang dilakukan para anggota senior Kerajaan.
ADVERTISEMENT
“Saya bersyukur akhirnya kami telah menemukan solusi yang konstruktif dan suportif untuk cucu saya dan keluarganya. Harry, Meghan dan Archie akan selalu jadi anggota keluarga saya yang sangat dicintai,” tulis Ratu Elizabeth II dalam pernyataan resminya.