Daftar Kisaran Harga Pembalut di 10 Negara, dari Singapura sampai Korea Selatan

1 Maret 2020 13:18 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Ilustrasi pembalut Foto: Shutterstock
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi pembalut Foto: Shutterstock
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Setiap bulannya, perempuan akan menyisihkan uang untuk membeli pembalut saat menstruasi. Ya, pembalut merupakan andalan para perempuan saat tamu bulanan tiba. Saat ini, ada banyak pembalut yang tersedia di pasaran, mulai dari yang bersayap, ekstra tipis, super panjang hingga dengan sensasi dingin untuk menyegarkan area vagina.
ADVERTISEMENT
Harga masing-masing pembalut pun berbeda-beda tergantung jenis dan modelnya. Biasanya, satu kemasan pembalut berisi 8 buah dijual seharga Rp 10 ribuan hingga Rp 50 ribuan untuk pembalut dengan isi 24 buah.
Namun, bagaimana jadinya bila tamu bulanan datang tiba-tiba saat Anda sedang asyik berlibur tanpa membawa pembalut? Tak ada salahnya, ketahui dulu kisaran harga pembalut yang dijual di masing-masing negara. Siapa tahu, hal ini berguna untuk Anda dalam menyisihkan uang untuk membeli pembalut.
Berikut daftar kisaran harga pembalut di 10 negara yang berhasil kumparanWOMAN rangkum:
Ilustrasi pembalut Foto: Shutterstock

1. Singapura

Singapura, negara yang menjadi destinasi luar negeri terdekat warga Indonesia khususnya perempuan yang ingin berbelanja. Diketahui harga pembalut yang dijual di Singapura berkisar 7 dolar Singapura atau setara dengan Rp 70 ribuan. Sebenarnya, Singapura juga menjual pembalut dengan harga murah sekitar 2 dolar Singapura atau Rp 20 ribuan yang berisi 20 pembalut dalam satu kemasan, namun hanya terbatas pada toko-toko tertentu saja.
ADVERTISEMENT

2. Turki

Di Turki, pembalut dijual secara satuan. Harga satu pembalut berukuran besar yaitu 12 lira atau seharga Rp 28 ribu Kemudian untuk pembalut yang berukuran kecil 3.75 lira atau Rp 8500. Turki sebenarnya juga menjual pembalut dalam satu kemasan, namun berisi banyak dan bisa mencapai harga yang cukup mahal. Satu kemasan berisi 25 pembalut yang mencapai harga 87 lira (Rp 201 ribu).

3. Belanda

Negara kincir angin Belanda ternyata memiliki harga produk menstruasi yang cukup mencengangkan. Dalam satu kemasan yang berisi 6 pembalut bisa mencapai harga €15 atau Rp 326 ribu. Mengapa bisa semahal itu? Di benua Eropa, produk-produk menstruasi memang dijadikan salah satu produk yang tergolong mewah karena memiliki pajaknya tersendiri. Maka dari itu banyak warga Eropa yang melakukan protes untuk meminta penghapusan pajak untuk produk-produk menstruasi mereka.
ADVERTISEMENT

4. Inggris

Karena di Eropa harga pembalut termasuk mahal, Inggris sudah memiliki inovasi terbaru untuk mengatasi hal tersebut. Inovasi itu adalah pembalut yang dapat digunakan kembali atau dicuci. Dalam satu paket pembalut yang dapat digunakan kembali berisi 3 pembalut, satu paket itu mencapai harga 16.49 Poundsterling atau Rp 304 ribu. Walaupun masih tergolong mahal, namun inovasi ini dapat menghemat Anda karena pembalut ini tidak hanya sekali pakai namun berkali-kali.
Ilustrasi pembalut berpewangi Foto: Shutterstock

5. India

Biasanya, pembalut dijual dengan berbagai ukuran yang berbeda, setiap ukurannya pun pasti memiliki harga yang berbeda pula. Di India, satu pembalut berukuran kecil seharga 7 rupee atau sama dengan seribu rupiah. Lalu untuk pembalut berukuran besar, satuannya bisa mencapai harga 10 rupee atau dua ribu rupiah.
ADVERTISEMENT

6. Amerika Serikat

Di Amerika Serikat, biasa menjual produk-produk menstruasi mereka di apotek karena merasa lebih higienis. Dalam satu kemasan yang berisi kurang dari 20 pembalut, bisa mencapai harga 7 dolar AS yang setara dengan 100 ribu rupiah. Sedangkan yang termahal dengan isi 38 pembalut seharga 12 dolar AS atau Rp 172 ribu.

7. Uni Emirat Arab

Uni Emirat Arab yang dikenal sebagai negara penuh dengan kekayaan yang melimpah ternyata menjual pembalut dengan harga yang murah. Uni Emirat Arab menjual sekitar 6.58 AED atau Rp 25 ribu untuk pembalut dengan isi 10, kemudian untuk pembalut isi 30 dalam satu kemasan dapat mencapai harga 15.90 AED atau Rp 61 ribu.

8. Australia

Menurut situs belanja online Coles, pembalut yang dijual di Australia dapat mencapai harga 1.9 dolar Australia sampai dengan harga 12.50 dolar Australia. 1,8 dolar Australia atau yang setara dengan Rp 47 ribu bisa mendapatkan satu kemasan dengan isi 16 pembalut. Lalu dengan harga 12.50 dolar Australia atau Rp 117 ribu rupiah bisa mendapatkan 20 pembalut dalam satu kemasan.
Ilustrasi pembalut wanita Foto: Shutterstock

9. Jepang

Dengan kemasan yang menggemaskan, negara Jepang memiliki banyak variasi pembalut untuk dipakai para perempuan. Pembalut di Jepang seharga 66 ribu rupiah isi 5 pembalut dalam satu kemasan. Sementara untuk satu kemasan yang cukup banyak (isi 24 pembalut), dijual seharga ¥480 atau Rp 63 ribuan.
ADVERTISEMENT

10. Korea Selatan

Jika Anda sedang mengalami menstruasi dan sedang mengunjungi Korea Selatan, berarti Anda harus siap mengeluarkan sekitar 9900 won atau Rp 114 ribu untuk membeli pembalut isi 12 buah. Sedangkan pembalut isi 20 buah dijual mulai dari 15900 won atau Rp 189 ribu dalam satu kemasan.
Penulis: Putri Perdani W.