6 Bahan Alami yang Bisa Bantu Menghilangkan Bau Badan

16 November 2019 18:22 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Ilustrasi bau badan Foto: Shutter Stock
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi bau badan Foto: Shutter Stock
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Memiliki bau badan yang menyengat memang kerap membuat perempuan atau siapapun merasa tak percaya diri. Tak hanya bisa mengganggu aktivitas, bau badan juga bisa membuat orang lain merasa terganggu.
ADVERTISEMENT
Ahli kimia organik George Preti, yang juga mempelajari bau badan di Monell Chemical Sense Center, AS, saat diwawancarai New York Times, mengungkapkan bahwa bau badan bisa ditimbulkan oleh berbagai faktor; seperti stres, permasalahan kesehatan tertentu hingga makanan.
Lebih lanjut, George Preti juga mengatakan bahwa tubuh manusia memiliki dua tipe kelenjar keringat; yaitu eccrine dan apocrine. Kelenjar eccrine sendiri memproduksi keringat tanpa bau yang akan keluar dari tubuh (terutama setelah berolahraga berat), sedangkan kelenjar apocrine berada di ketiak dan selangkangan, di mana substansi minyak diproduksi sehingga menimbulkan bau badan yang spesifik.
Berbagai cara bisa dilakukan untuk menghilangkan bau badan pada tubuh. Mulai dari memakai deodoran, hingga mandi dengan sabun anti bakteri. Sayangnya, cara-cara itu terkadang bisa menimbulkan efek samping pada tubuh atau kulit.
ADVERTISEMENT
Daripada memilih cara-cara tersebut, lebih baik Anda mencoba menghilangkan bau badan dengan bahan-bahan alami. Bahan-bahan alami ini tentu lebih aman dan tidak akan menimbulkan efek samping. Apa saja?
1. Cuka
Ilustrasi cuka Foto: Shutter Stock
Bahan alami pertama yang bisa Anda coba untuk menghilangkan bau badan adalah cuka. Alasannya, karena cuka bisa mengendalikan bau tubuh dan bisa membantu mengubah pH kulit, sehingga bakteri penyebab bau tidak berkembang lagi.
Untuk mendapatkan khasiat ini, Anda bisa mengoleskan air cuka ke bagian ketiak dengan kain bersih. Diamkan beberapa saat, setelah itu bilas ketiak dan cuci dengan sabun antibakteri keesokan paginya. Selain bisa membantu mengendalikan bau, cuka juga bisa membuat ketiak tetap kering seharian.
2. Cuka sari apel
Ilustrasi cuka apel Foto: Pixabay
Selanjutnya adalah cuka sari apel. Cuka sari apel sendiri dianggap sebagai senyawa alkali yang bisa mengendalikan pertumbuhan dan reproduksi bakteri. Ketika senyawa alkali tersebut menyatu dengan pH tubuh, maka keduanya bisa menghambat pertumbuhan bakteri penyebab bau badan.
ADVERTISEMENT
Jika Anda ingin mendapatkan khasiat ini, larutkanlah cuka sari apel ke dalam air (dengan rasio 1 banding 2) dalam botol semprot. Setelah itu, semprotkanlah ke area badan yang menurut Anda sering mengeluarkan keringat atau bau berlebih.
3. Peterseli
Peterseli. Foto: Pixabay
Peterseli merupakan tanaman hijau yang biasanya ditambahkan dalam bahan makanan; seperti pizza hingga spaghetti. Selain bisa menambah cita rasa pada makanan, ternyata peterseli juga bisa dijadikan obat bau badan yang paling efektif.
Disebut demikian, karena peterseli mengandung senyawa klorofil yang memiliki sifat anti bau dan bisa menutupi aroma tidak menyenangkan dari produksi limbah bakteri.
Untuk mendapatkan khasiat ini, cobalah tumbuk peterseli hingga hancur. Setelah itu, oleskan ke area yang bermasalah. Tunggu beberapa menit, lalu cuci dengan air hingga bersih.
ADVERTISEMENT
4. Lemon
Ilustrasi lemon. Foto: Pixabay
Jika Anda tidak bisa mentolerir bau cuka, Anda bisa menjadikan lemon sebagai alternatif dalam menghilangkan bau badan. Lemon sendiri dikenal memiliki khasiat asam yang bisa membantu menurunkan tingkat pH kulit dalam melawan bakteri penyebab bau badan.
Caranya, cukup potong satu lemon segar menjadi dua bagian, kemudian ambil setengah dari lemon dan gosokkan secara lembut di bagian yang bermasalah. Jika Anda memiliki kulit sensitif, sebaiknya berhati-hatilah saat mengaplikasikan cara ini di ketiak. Anda bisa mengoleskan cairan tersebut dengan kapas, lalu diamkan hingga kering. Ulangi cara ini secara rutin, untuk mendapatkan hasil yang maksimal.
5. Rosemary
rosemary Foto: Shutterstock
Bahan alami selanjutnya yang bisa membantu menghilangkan bau badan adalah rosemary. Disebut demikian, karena rempah-rempah yang sering ditambahkan ke dalam masakan ini mengandung mentol dan klorofil yang bisa membantu mencegah pertumbuhan bakteri penyebab bau badan.
ADVERTISEMENT
Selain bisa membunuh bakteri (penyebab bau badan), ternyata rosemary juga bisa memberikan aroma wangi pada tubuh Anda. Caranya, rebus setengah cangkir rosemary kering dengan menggunakan empat gelas air. Diamkan beberapa saat, lalu campurkan rebusan rosemary tersebut ke dalam bak. Cara ini bisa Anda lakukan secara rutin untuk menghilangkan bau badan dengan cepat dan maksimal.
6. Daun sirih
Ilustrasi Daun Sirih Foto: Pixabay/Huahom
Daun sirih merupakan salah satu tanaman yang cukup familiar di Indonesia. Sudah sejak lama, daun sirih dikenal sebagai bahan alami yang bisa menghilangkan bau badan. Baik itu di area genital hingga bau di area lain, seperti ketiak.
Salah satu alasan kenapa daun ini bisa menghilangkan bau badan adalah karena kandungan minyak atsiri yang ada di dalamnya. Minyak atsiri yang ada di dalam daun sirih mengandung; bathephenol, antioksidan, hingga anti-jamur yang bisa membunuh kuman dan bakteri.
ADVERTISEMENT
Untuk mendapatkan khasiatnya, Anda bisa merebus tiga hingga lima lembar daun sirih dalam dua gelas air. Setelah mendidih, biarkan air menguap hingga menyisakan dua gelas saja. Setelah itu, Anda bisa mengonsumsi air rebusan tersebut secara rutin untuk mendapatkan hasil yang optimal.