5 Soft Skill yang Patut Dicantumkan di CV, Salah Satunya Kemampuan Beradaptasi

25 Oktober 2022 10:28 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Ilustrasi interview kerja online. Foto: Shutter Stock
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi interview kerja online. Foto: Shutter Stock
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Saat sedang mencari pekerjaan baru, ada beberapa langkah penting yang harus diambil. Salah satu yang tidak boleh terlewat, yakni menulis dan merapikan Curriculum Vitae (CV) kamu.
ADVERTISEMENT
Saat membuat CV pun, kamu harus memastikan bahwa kamu menampilkan keterampilan-keterampilan terbaik yang kamu punya. Tidak cuma hard skill, CV kamu harus berisi daftar soft skill, Ladies.
Hard skill biasanya merupakan kemampuan teknis dan terukur. Beberapa hal yang termasuk hard skill, yakni keterampilan menggunakan komputer, pemrograman, analisis, riset, dan lainnya.
Sementara itu, soft skill adalah kombinasi dari keterampilan sosial dan interpersonal yang dapat menjadi bagian dari kepribadian seseorang dan dipelajari melalui pengalaman.
Hard skill dan soft skill yang dimiliki karyawan sangat berharga bagi perusahaan, dan dipertimbangkan oleh perekrut saat meninjau CV. Lantas, apa saja soft skill yang patut dicantumkan dalam CV? Simak selengkapnya di sini, Ladies.

1. Manajemen waktu

Ilustrasi curriculum vitae. Foto: Kittisophon/Shuterstock
Manajemen waktu adalah keterampilan yang layak dikembangkan. Saat mencantumkan manajemen waktu di CV, jelaskan secara singkat situasi di mana kamu harus memprioritaskan tugas untuk memenuhi tenggat waktu. Ini menunjukkan kepada perekrut mengenai cara kamu memaksimalkan efisiensi waktu dan mengelola beberapa proyek secara bersamaan.
ADVERTISEMENT

2. Keterampilan komunikasi

Keterampilan komunikasi adalah kemampuan untuk berbagi ide atau perasaan dan memahami apa yang sedang dikomunikasikan kepada kamu. Bahkan jika kamu bukan pembicara yang percaya diri, komunikasi dapat mencakup kemahiran dalam komunikasi tertulis, mendengarkan secara aktif, memberikan umpan balik yang membangun, negosiasi, dan kolaborasi.

3. Kemampuan beradaptasi

Ilustrasi perempuan karier. Foto: Shutterstock
Lingkungan kerja yang serba cepat membutuhkan orang-orang yang sangat mudah beradaptasi. Menjadi mudah beradaptasi berarti kamu adalah orang yang memiliki pemikiran strategis dan kreatif.
Hal ini juga menyiratkan bahwa kamu tahu cara mempersiapkan diri untuk hal yang tidak terduga. Menavigasi perubahan adalah hal yang positif di mata perekrut, dan mengkomunikasikan pengalaman ini secara efektif di CV kamu dapat menjadi nilai lebih.
ADVERTISEMENT

4. Kepemimpinan

Saat merekrut manajer, keterampilan kepemimpinan perlu dicantumkan di paling atas dalam daftar soft skill di dalam CV. Pengalaman kepemimpinan sebenarnya bisa datang dari mana saja.
Kamu masih dapat menunjukkan keterampilan kepemimpinan di CV, bahkan jika kamu tidak pernah memiliki laporan langsung atau memimpin tim. Kamu dapat mencantumkan pengalaman mendelegasikan tugas, memimpin proyek, atau mengembangkan program baru untuk perusahaan.
Jadi, itu tadi beberapa soft skill yang perlu dicantumkan di dalam CV, Ladies. Ingat, soft skill adalah keterampilan non-teknis yang berhubungan dengan cara kamu bekerja. Hal ini berkaitan dengan kemampuan kamu dalam berinteraksi dengan rekan kerja, cara memecahkan masalah, dan mengelola pekerjaan kamu.