5 Sifat Unik Introvert Menurut Ahli

19 Mei 2020 22:21 WIB
comment
1
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Ilustrasi introvert Foto: Shutterstock
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi introvert Foto: Shutterstock
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Baru-baru ini kata 'introvert' sedang ramai diperbincangkan di media sosial. Hal ini berawal dari selebgram Indira Kalistha yang belum lama ini dihujat netizen karena videonya yang mengatakan bahwa ia tidak takut pada Corona. Sadar akan kesalahannya, Indira melakukan klarifikasi dan meminta maaf dalam video Youtube channel Deddy Corbuzier. Ia juga mengaku bahwa dirinya adalah seorang introvert.
ADVERTISEMENT
Suami Indira, Gustaf Ode, mengiyakan perkataan Indira. Menurutnya, mereka berdua adalah orang yang introvert dan agak sulit menempatkan diri di tengah keramaian.
Selama ini, sifat introvert sering dikaitkan sebagai pribadi yang pemalu. Menurut psikolog Alfath Hanifah Megawati, M.Psi, sifat introvert hanya lebih menyukai kesendirian, tetapi tidak selalu takut dengan situasi sosial.
Sedangkan mereka yang pemalu adalah orang yang merasa tertekan atau stres ketika bertemu banyak orang, sehingga memunculkan ketakutan terhadap pikiran orang lain pada dirinya sendiri.
Meski introvert memiliki sifat yang senang menyendiri, ternyata ada beberapa keunikan yang dimiliki sifat introvert. Apa saja? Berikut uraiannya.

Lebih menyukai aktivitas sendiri

Introvert memiliki prioritas yang cukup berbeda. Bagi introvert, meluangkan waktu dengan dirinya sendiri dapat meningkatkan energi diri. Begitu juga sebaliknya, ketika melakukan aktivitas bersama banyak orang akan menguras energi diri. Karena itu introvert biasanya akan lebih nyaman dengan kondisi menyendiri.
ADVERTISEMENT

Cenderung tertutup dan tidak ingin cerita

Beberapa introvert memang terkesan membatasi pergaulan, tapi bukan ia tidak bisa berempati. Hanya saja ia lebih memprioritaskan mengelola psikis yang mereka miliki untuk diri sendiri. Karena itu, introvert cenderung tertutup dengan apa yang sedang dialaminya.
Ilustrasi cara atasi rasa insecure pada diri sendiri dengan berkaca Foto: Shutterstock

Menyukai ketenangan dan menghindari konflik

Bagi pemilik sifat introvert, ketenangan diri adalah prioritas dibanding memperluas jaringan sosial. Karena itu introvert cenderung berhati-hati saat berinteraksi dengan orang lain. Mereka tidak ingin menimbulkan sesuatu yang membuat hatinya tak tenang, sehingga lebih memilih sendiri. Biasanya introvert akan tenang ketika memiliki waktu untuk menyendiri sambil membaca buku atau sekadar menikmati suasana sekitarnya.

Mandiri dalam menangani diri

Bila biasanya seseorang membutuhkan pertolongan orang lain, belum tentu itu dilakukan seorang introvert. Mereka lebih memilih menenangkan diri mereka sendiri, dibandingkan bergantung pada pertolongan orang lain. Jadi bukan berarti introvert dinilai sebagai pribadi yang sombong, namun ia lebih merasa tenang hanya dengan diri sendiri.
ADVERTISEMENT

Pendengar yang baik

Jangan mengharapkan introvert dapat bercerita banyak tentang diri mereka sendiri. Maka itu mereka terkesan cenderung berhati-hati dalam cerita mengenai dirinya. Introvert lebih memilih sebagai pendengar dalam lingkungan pergaulan mereka. Terkadang, introvert pun juga bisa memberikan nasihat yang bijak.
Ladies, apakah Anda memiliki sifat tersebut?
***
Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona
***
Yuk! bantu donasi atasi dampak corona.