5 Kesalahan Menabung yang Jarang Disadari, Apa Saja?

13 Juni 2021 12:14 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
com-Ilustrasi menabung Foto: Shutterstock
zoom-in-whitePerbesar
com-Ilustrasi menabung Foto: Shutterstock
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Menabung merupakan kegiatan positif yang sebaiknya dilakukan oleh kita semua, terlebih yang sudah memiliki penghasilan tetap. Selain berguna untuk jangka panjang, menabung juga bisa menjadi cara agar kamu bisa hidup lebih hemat.
ADVERTISEMENT
Namun seringkali permasalahan yang dirasakan saat menabung adalah jumlahnya yang sulit atau tidak bertambah. Alhasil, kamu sering bertanya mengapa jumlah uang yang ditabung tidak kunjung bertambah meski sudah bertahun-tahun.
Nah, ini juga yang perlu kamu pelajari terkait cara menabung yang tepat. Karena biasanya, jumlah yang tidak bertambah dalam tabungan diakibatkan oleh kesalahan yang kamu perbuat tanpa disadari.
Meski demikian, tidak ada kata terlambat untuk memperbaikinya kok, Ladies! Oleh karena itu, kumparanWOMAN telah merangkum beberapa kesalahan dalam menabung yang membuatnya tidak bertambah. Mengutip The Street, simak penjelasannya di bawah ini!

1. Menjadikan tabungan sebagai pengeluaran opsional

Ilustrasi milenial menabung saham. Foto: Shutterstock
Kesalahan pertama yang sering dilakukan kebanyakan orang tanpa disadari adalah menjadikan tabungan sebagai pengeluaran. Seperti yang diketahui, pengeluaran merupakan suatu kondisi di mana kamu tidak diwajibkan untuk membayarnya.
ADVERTISEMENT
Dibanding menjadikan tabungan sebagai pengeluaran opsional, lebih baik untuk memasukkannya sebagai bentuk tagihan. Dengan begitu, kamu memiliki kewajiban untuk membayarkan tagihan tersebut di setiap bulannya.

2. Tabungan lebih kecil dari pengeluaran tidak penting

Ilustrasi perencanaan keuangan. Foto: Getty Images
Ladies, perhatikan kembali jumlah yang akan kamu tabung setiap bulannya dari penghasilanmu. Pastikan bahwa tabunganmu lebih banyak dari pengeluaran yang tidak penting.
Untuk mempermudahnya kamu bisa menabung setidaknya 20-30% dari penghasilanmu setiap bulannya. Untuk beberapa pengeluaran seperti membelanjakan beberapa barang, kamu bisa mengambil 10% dari penghasilanmu.

3. Sering meminjam uang yang ada di tabungan

Ilustrasi manajemen keuangan. Foto: Nugroho Sejati/kumparan
Poin ke-3 ini sering dilakukan oleh beberapa orang ketika memasuki tanggal tua. Judulnya memang akan meminjam uang tabungan tersebut, tapi terkadang kamu lupa untuk mengembalikannya.
ADVERTISEMENT
Alhasil, tabunganmu akan semakin berkurang apabila kamu terus melakukan kebiasaan ini. Pada intinya, tidak apa-apa meminjam uang tabungan, tapi jangan lupa untuk mengembalikannya.

4. Tidak membedakan akun tabungan

ilustrasi buku tabungan Foto: Shutterstock
Tidak membedakan kartu untuk tabungan dan penghasilan menjadi salah satu kesalahan yang sering terjadi. Mungkin terdengar sepele, namun tidak membedakan kedua hal itu akan membuat kamu sulit membedakan tabungan dan penghasilan. Akibatnya, tanpa disengaja kamu menggunakan uang yang di mana itu penghasilanmu sendiri.

5. Selalu belanja dengan berkedok self-reward

Ilustrasi belanja online. Foto: Shutterstock
Self reward sering dilakukan beberapa orang untuk berterima kasih kepada diri sendiri setelah melewati hal yang cukup sulit. Cara setiap orang melakukan self reward pun berbeda-beda, ada yang membeli makan untuk dirinya sendiri hingga perabotan rumah tangga.
ADVERTISEMENT
Meski demikian, self reward ini tidak perlu terus-menerus kamu lakukan. Sebab hal tersebut hanya akan membuat pengeluaran semakin bertambah dan kamu tidak sempat untuk menabung.

Penulis: Johanna Aprillia