5 Cara Merawat Kulit Wajah Kering Agar Tetap Sehat dan Lembap

24 Juli 2020 20:25 WIB
comment
1
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Ilustrasi Kulit Wajah Kering Foto: Shutterstock
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Kulit Wajah Kering Foto: Shutterstock
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Memiliki kulit kering memang kerap membuat frustrasi. Selain membuat kulit terlihat seperti bersisik, kondisi ini juga bisa menyebabkan kulit mengelupas, hingga pecah-pecah. Karena itulah, cara merawat kulit wajah yang kering pun dibutuhkan untuk membuat kulit wajah tetap sehat dan juga lembap.
ADVERTISEMENT
Melansir Healthline, kulit kering dalam istilah medis biasanya disebut dengan xerosis. Kondisi ini paling sering terjadi pada bagian-bagian yang sering terpapar sinar matahari, seperti kaki, hingga wajah. Adapun penyebab kulit kering pun cukup beragam, mulai dari faktor suhu, pemakaian produk tertentu, paparan sinar matahari, hingga kondisi kulit lainnya.
Jika dibiarkan, ternyata kondisi ini bisa memperparah kondisi kulit. Karena itulah, dibutuhkan cara-cara untuk merawat kulit wajah kering. Lalu, bagaimana cara merawat kulit wajah kering? Melansir Mayo Clinic, berikut kumparanWOMAN rangkum cara merawat kulit wajah kering agar tetap sehat dan juga lembap.

1. Perhatikan perawatan setelah mandi

Ilustrasi Mandi Air Hangat. Foto: Shutterstock
Perawatan setelah mandi sangatlah penting, sebab aktivitas ini bisa menyebabkan kulit menjadi tambah kering. Untuk mencegah kulit wajah kering setelah mandi, lakukanlah beberapa cara di bawah ini:
ADVERTISEMENT

2. Gunakan pembersih wajah yang lembut

Ilustrasi mencuci wajah. Foto: Shutterstock
Ketika kulit wajah Anda kering, pilihlah sabun pembersih wajah yang lembut dan juga ringan. Selain itu, pilihlah produk pembersih wajah yang tidak menyumbat pori-pori, bebas alkohol, SLS (Sodium Lauryl Sulfate), dan pewangi. Sebab, kandungan tersebut bisa membuat kulit semakin kering.
Selain itu, hindari mencuci wajah secara berlebihan, karena jika terlalu sering mencuci wajah bisa menyebabkan kulit kering, kusam, dan juga berpeluang mengalami iritasi. Sebaliknya, cucilah wajah selama dua kali dalam sehari, yaitu antara pagi dan malam.

3. Gunakan produk pelembap yang tepat

Ilustrasi memakai pelembap Foto: Shutterstock
Cara merawat kulit wajah kering yang satu ini sangatlah penting. Sebab, kulit kering biasanya terjadi karena kulit kehilangan kelembapannya. Karena itu, menggunakan produk pelembap yang tepat adalah hal wajib yang harus Anda perhatikan.
ADVERTISEMENT
Saat menggunakan produk pelembap, pilihlah produk yang tidak menyebabkan komedo dan alergi. Selain itu, gunakanlah produk pelembap yang mengandung asam laktat, urea, asam hyaluronic, dimethicone, gliserin, lanolin, minyak mineral dan petrolatum. Selain itu, pastikan untuk selalu mengaplikasikan pelembap pada area wajah beberapa saat setelah mandi atau mencuci muka.

4. Rutin pakai tabir surya

Ilustrasi perempuan menggunakan tabir surya. Foto: Shutter Stock
Sinar matahari merupakan musuh utama kulit kering. Karena itulah, untuk mencegah kerusakan kulit yang lebih parah, Anda disarankan untuk mengoleskan tabir surya setiap Anda keluar rumah. Selain itu, pilihlah tabir surya yang memiliki spektrum luas ber-SPF minimal 30.

5. Merawat kulit kering dengan bahan alami

Lidah Buaya (Aloe Vera) Foto: Shutterstock
Sesekali Anda juga bisa melakukan perawatan kulit dengan bahan alami. Ada banyak sekali bahan alami yang bisa melembapkan kulit kering, salah satunya adalah lidah buaya. Lidah buaya memiliki kandungan antiseptik, antifungal, dan juga sensasi sejuk. Karena kandungan itu, lidah buaya diklaim bisa menghilangkan rasa tidak nyaman yang disebabkan oleh kulit kering, mengembalikan kelembutan alami, serta membuat tekstur kulit wajah menjadi halus.
ADVERTISEMENT
Untuk mendapatkan khasiatnya, berikut cara merawat kulit wajah kering dengan lidah buaya yang bisa Anda praktikkan di rumah:
----
(Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona)