5 Cara Alami Tingkatkan Libido Perempuan

18 Juni 2020 17:46 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Ilustrasi pasangan harmonis. Foto: Shutterstock
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi pasangan harmonis. Foto: Shutterstock
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Pada dasarnya, setiap orang memiliki libido atau gairah seksual yang berbeda-beda. Pada momen tertentu, seseorang juga mungkin akan mengalami penurunan libido, terutama bila mereka sedang berada dalam tekanan tinggi.
ADVERTISEMENT
Namun, jika seorang perempuan merasa terganggu karena terus-terusan memiliki libido yang rendah, mereka mungkin perlu mulai memikirkan cara untuk mengatasinya. Selain berkonsultasi dengan dokter, Anda bisa juga mencoba untuk melakukan cara-cara alami yang disebut bisa meningkatkan gairah. Misalnya, dengan memperbaiki gaya hidup dan memperbaiki hubungan dengan pasangan. Bisa jadi, selama ini Anda mengalami masalah pada kedua hal tersebut, yang akhirnya menyebabkan penurunan gairah seksual terhadap pasangan.
Lebih lanjut, berikut beberapa cara alami yang disebut bisa meningkatkan libido pada perempuan, seperti dirangkum dari berbagai sumber.

1. Perbaiki gaya hidup untuk redakan stres

Ilustrasi olahraga di rumah. Foto: Shutterstock
Menurut Medical News Today, rasa cemas dan stres bisa menurunkan gairah seks, baik pada laki-laki maupun perempuan. Penyebab stres ini pun bisa beragam, mulai dari yang terjadi karena kehidupan profesional maupun akibat masalah dalam relasi seksual bersama pasangan.
ADVERTISEMENT
Untuk mengatasi masalah ini, kita disarankan mencoba mengurai penyebab dari stres itu. Di saat yang sama, kita juga bisa memperbaiki gaya hidup, misalnya dengan menerapkan pola tidur yang lebih baik, berolahraga secara teratur, mengkonsumsi makanan yang menyehatkan, hingga menyempatkan waktu untuk melakukan hal yang disukai. Hal-hal seperti ini diharapkan dapat membantu untuk mengurangi stres dan membantu menjaga kesehatan mental Anda.

2. Perbaiki hubungan dengan pasangan

Ilustrasi pasangan. Foto: Shutterstock
Kemudian, hal lain yang tak boleh terlewatkan dalam proses meningkatkan libido adalah memperbaiki hubungan dengan pasangan. Terutama, karena hasrat seksual pada perempuan cukup bergantung kepada relasi mereka dengan pasangan.
"Hasrat seks perempuan sangat bergantung pada kesehatan dan perasaan bahagia dalam hubungan. Tidak akan ada obat yang lebih penting daripada kedua hal tersebut," ujar Jan Shifren, MD, direktur dari Vincent Obstetrics and Gynecology Service Menopause Program di Massachusetts General Hospital, Boston, AS, seperti dikutip WebMD.
ADVERTISEMENT
Bila memang mengalami masalah dalam hubungan, kita bisa mencoba memperbaikinya dengan melakukan berbagai hal. Misal, dengan lebih banyak mengobrol dan menjalani kencan yang romantis dengan pasangan. Menurut WebMD, aktivitas seperti ini bisa membantu perempuan keluar dari peran mereka sebagai ibu, istri, maupun pekerja, dan 'kembali' menjadi perempuan yang seutuhnya. Ini bisa membuat perempuan lebih tertarik untuk melakukan seks dan meningkatkan libidonya.

3. Konsumsi makanan yang sehat dan bergizi

Ilustrasi makan sehat. Foto: Shutter Stock
Selanjutnya, kita juga bisa mencoba untuk mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi. Misalnya, sayuran yang tinggi protein namun rendah kandungan karbohidratnya. Dengan mengkonsumsi makanan seperti ini, kita dapat mengurangi risiko terkena berbagai penyakit yang mungkin menurunkan libido. Perlu diketahui pula, pola makan yang sehat bisa meningkatkan sirkulasi darah dan menjaga kesehatan jantung, yang akhirnya dapat membantu meningkatkan libido seseorang.
ADVERTISEMENT

4. Coba rutinitas seks yang baru

Ilustrasi seks.. Foto: Shutterstock
Selain itu, menurut Mayo Clinic, libido pada perempuan bisa ditingkatkan dengan mencoba pola seks baru. Misal, dengan melakukan seks di tempat dan waktu yang berbeda dari biasanya, maupun dengan menjalani rutinitas yang berbeda. Daripada terburu-buru melakukan seks hanya untuk mencapai orgasme, Anda dan pasangan bisa mencoba meluangkan lebih banyak waktu untuk melakukan foreplay yang memuaskan perempuan. Pada kasus tertentu, penggunaan sex toys juga dianggap dapat membantu meningkatkan libido pada perempuan.

5. Hindari kebiasaan-kebiasaan yang tidak menyehatkan

Ilustrasi Stop Merokok. Foto: Shutter Stock
Menjaga kesehatan adalah salah satu kunci terpenting dalam meningkatkan libido pada perempuan. Oleh karena itu, selain berolahraga dan menjaga pola makan, kita perlu untuk menghindari berbagai kebiasaan buruk yang bisa menurunkan libido. Di antaranya, merokok dan mengonsumsi alkohol secara berlebihan. Hal-hal seperti ini bisa menurunkan gairah seksual, sehingga kita disarankan untuk berhenti melakukannya.
ADVERTISEMENT
-----
Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona.
*****
Yuk! bantu donasi atasi dampak corona.