4 Dampak Negatif Melakukan Pekerjaan yang Tidak Kamu Sukai

24 Juni 2021 16:03 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Ilustrasi perempuan mengantuk di tempat kerja. Foto: Shutter Stock
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi perempuan mengantuk di tempat kerja. Foto: Shutter Stock
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Ladies, bekerja di bidang yang tidak kamu sukai memang bukan hal yang mudah. Terlebih dibutuhkan adaptasi yang cukup lama agar bisa menguasai dan terbiasa dengan rutinitas yang sebelumnya tidak kamu sukai.
ADVERTISEMENT
Di tahun 2017, Bappenas atau Badan Perencanaan Pembangunan Nasional mengungkapkan bahwa sekitar 63% masyarakat Indonesia mengaku bekerja di bidang yang tidak disukainya. Dan, hanya 37% masyarakat Indonesia yang bekerja di bidang yang disukainya.
Selain itu, hal ini juga akan berpengaruh pada kondisi psikis kamu, Ladies. Menurut penelitian yang dilakukan oleh Ohio State University, melakukan pekerjaan yang tidak disuka bisa menyebabkan depresi, gangguan tidur, hingga kecemasan.
Nah, apabila kamu tetap bertahan dalam kondisi tersebut, bukan tidak mungkin akan ada dampak negatif lainnya yang bermunculan.
Lantas, seperti apa dampak negatif tersebut? Mengutip Forbes berikut kumparanWOMAN telah merangkumnya hanya untuk kamu, Ladies!

1. Masalah emosional

Ilustrasi perempuan sedih Foto: Shutterstock
Hal yang sangat mungkin untuk dirasakan adalah adanya masalah emosional. Tanpa disadari, alam bawah sadar dan pikiran cukup tertekan dengan bekerja di bawah paksaan. Sehingga, muncul tanda-tanda seperti mudah marah, stres, ataupun depresi.
ADVERTISEMENT
Kemunculan masalah emosional ini dapat menjadi tanda bahwa diri kamu tidak ingin berada di situasi yang memaksa seperti ini. Salah satu solusi yang bisa dilakukan adalah mencoba untuk mencari pekerjaan yang sesuai dengan passion-mu.

2. Bisa menyebabkan kamu tidak percaya diri

Ilustrasi perempuan stres di tempat kerja. Foto: Shutterstock
Berada di lingkungan yang tidak kamu kenali adalah hal yang bisa membuatmu semakin tidak percaya diri. Pasalnya, di dalam pikiranmu akan tercipta pemikiran bahwa orang lain bisa melakukan lebih baik dibandingkan dirimu yang tidak menguasainya. Akibatnya kamu akan selalu merasa tidak percaya diri dan memilih untuk membungkam kemampuanmu.

3. Menghambat kehidupan pribadi kamu

Ilustrasi perempuan bekerja sambil menemani anak sekolah di rumah. Foto: Shutter Stock
Pekerjaan yang tidak kamu sukai akan menghambat kehidupan pribadimu, loh. Hal tersebut karena kamu yang membawa energi negatif di sekitarmu. Akibatnya baik keluarga, pasangan ataupun teman merasa tidak nyaman untuk berbicara denganmu.
ADVERTISEMENT
Oleh karena itu, usahakan untuk membangun energi positif di sekitarmu agar orang lain pun ikut merasakan kebahagiaan yang kamu rasakan, Ladies.

4. Menghilangkan hasratmu pada hal yang kamu sukai

Ilustrasi Perempuan Foto: Freepik
Jika sebelumnya kamu bisa merasakan hasrat terhadap pekerjaan yang kamu sukai, sekarang kamu akan sulit merasakannya. Hal tersebut disebabkan karena perasaanmu sudah dipenuhi dengan sesuatu yang tidak kamu sukai. Maka itu, kamu sudah tidak memiliki hasrat apa pun terhadap segala hal yang kamu sukai meski sebenarnya kamu ingin melakukannya.
Penulis: Johanna Aprillia