4 Cara Efektif Menghadapi Pasangan yang Perfeksionis

26 Mei 2022 11:15 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Ilustrasi Menghadapi Pasangan yang Perfeksionis. Foto: metamorworks/Shutterstock
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Menghadapi Pasangan yang Perfeksionis. Foto: metamorworks/Shutterstock
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Menjalin hubungan dengan pasangan yang memiliki karakter perfeksionis memang bukan hal mudah. Seorang perfeksionis memiliki standar yang tinggi, sulit merasa puas dan hampir ingin selalu melakukan hal dengan sempurna di segala aspek kehidupannya.
ADVERTISEMENT
Beberapa hal tersebut mungkin terdengar baik. Namun bila dilakukan secara berlebihan, itu semua berpotensi menimbulkan masalah dalam hubungan asmara.
Dikutip dari Verywell Mind, seorang perfeksionis juga bisa berperilaku sangat kompetitif, bahkan dengan pasangannya. Dia akan selalu merasa cemas apabila gagal melakukan sesuatu yang tak jarang bisa memicu stres hingga depresi.
Menjalin hubungan dengan seorang perfeksionis bisa sangat melelahkan. Hal ini lantaran kamu harus terus berhadapan dengan ekspektasinya yang sangat tinggi. Namun, kamu jangan khawatir karena ada beberapa cara untuk menghadapinya.
Nah, kumparanWOMAN telah merangkum beberapa cara untuk menghadapi pasangan perfeksionis agar hubungan asmara kamu bisa langgeng dan bebas dari masalah. Simak terus artikel berikut, ya.

1. Mengenali pasangan lebih dalam

Ilustrasi Menghadapi Pasangan yang Perfeksionis. Foto: Dragon Images/Shutterstock
Seseorang yang perfeksionis cenderung suka menutup diri dan sulit dipahami. Oleh sebab itu, cobalah untuk mengamati dan mengenali pasanganmu lebih dalam agar kamu dan dia bisa saling terkoneksi. Orang perfeksionis biasanya berusaha tampil sempurna di hadapan orang yang disayang. Namun, tanpa sadar, sikap itu justru perlahan-lahan menyakiti pasangannya.
ADVERTISEMENT

2. Memahami perasaannya

Ilustrasi Menghadapi Pasangan yang Perfeksionis. Foto: Shutter Stock
Setiap orang pasti pernah mengalami rasa sakit dan kecewa. Orang-orang yang perfeksionis umumnya memiliki luka yang masih membekas di masa lalu sehingga terus berusaha untuk tampil dengan versi terbaik dirinya.
Oleh sebab itu, cobalah mencari tahu apa yang dirasakan oleh pasanganmu dan memahami perasaan serta emosinya. Kamu juga bisa membuat suasana yang nyaman sehingga pasangan merasa aman untuk tampil apa adanya.

3. Menetapkan batasan

Ilustrasi Menghadapi Pasangan yang Perfeksionis. Foto: Kmpzzz/shutterstock
Seseorang yang perfeksionis akan sering memberikan kritik, baik kepada pasangannya maupun dirinya sendiri. Untuk itu, penting memberikan batasan dalam hubungan.
Kamu harus jujur tentang hal-hal apa saja yang boleh dan tidak boleh dikritik. Hal ini berguna agar kamu tidak merasa tersinggung jika terus mendapatkan komentar dari pasanganmu yang perfeksionis. Menetapkan batasan menjadi salah satu faktor penting untuk menjaga hubungan tetap sehat.
ADVERTISEMENT

4. Menjalin komunikasi yang baik

Ilustrasi Menghadapi Pasangan yang Perfeksionis Foto: Dok. Shutterstock
Komunikasi menjadi hal yang paling penting jika kamu menjalin hubungan dengan orang perfeksionis. Semua hubungan mengalami pasang surut, tapi gaya komunikasi yang sehat mempermudah kamu menghadapi konflik dan membangun koneksi yang lebih kuat dengan pasangan.
Dengan komunikasi yang baik, kamu bisa mengungkapkan perasaan dan harapanmu untuk pasangan. Namun, perlu diingat bahwa kamu harus memulai komunikasi tanpa terkesan menuduh dan memojokkan pasangan