11 Rekomendasi Kegiatan agar Tidak Bosan di Rumah Selama Ramadhan

24 April 2020 11:42 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Ilustrasi perempuan berhijab. Foto: Shutter Stock
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi perempuan berhijab. Foto: Shutter Stock
ADVERTISEMENT
Ramadhan akhirnya tiba. Tak cuma beraktivitas seperti biasa, umat Islam akan berpuasa dan berupaya mendekatkan diri kepada Yang Maha Kuasa di bulan yang suci ini.
ADVERTISEMENT
Namun, berbeda dengan sebelumnya, kita mungkin akan lebih banyak menghabiskan Ramadhan tahun ini di rumah.Terutama, karena kita masih berusaha memerangi wabah COVID-19, dan mengikuti aturan PSBB dari pemerintah.
Meski demikian, ini tidak berarti bahwa Ramadhan kali ini akan jadi lebih membosankan. Ada berbagai aktivitas yang tetap bisa kita lakukan sekalipun sedang berada di rumah, mulai dari bekerja, beribadah, hingga melakukan hobi yang bermanfaat. Agar tidak bosan, kita juga bisa mengisi waktu dengan melakukan hal-hal yang dianggap menarik, seperti membaca buku, berkebun, hingga mengikuti kelas online.
Sekalipun masih sulit untuk bertemu secara langsung dengan orang-orang yang disayangi, kita bisa mencoba berbagai kegiatan tersebut untuk mengisi waktu luang sambil berpuasa. Lebih lengkapnya, ini beberapa rekomendasi kegiatan yang bisa dilakukan agar tak bosan selama Ramadhan di rumah.
ADVERTISEMENT

1. Memperdalam ilmu agama

Ilustrasi Al Quran Foto: pexels
Bagi umat Islam, Ramadhan adalah waktu yang tepat untuk memperdalam pengetahuan mengenai agama. Daripada terjebak dengan rutinitas bekerja seharian, kita disarankan untuk memanfaatkan waktu luang untuk mengaji, mendengarkan ceramah, hingga membaca buku mengenai agama dari sumber yang sahih. Selain menambah pahala, kita bisa melakukan aktivitas-aktivitas itu untuk memperluas wawasan mengenai agama di bulan yang suci ini.

2. Video call dengan teman-teman dan orang-orang terdekat

Ilustrasi keluarga melakukan video call Foto: Shutterstock
Biasanya, momen Ramadhan akan dimanfaatkan untuk bersilaturahmi dengan teman-teman dan juga orang yang dicintai. Terutama, dengan mengadakan buka puasa bersama di rumah, restoran, maupun mall.
Kali ini, kita tidak bisa melakukannya karena masih berusaha melawan pandemi COVID-19. Namun, kita bisa mengakali situasi dengan tetap menghubungi orang-orang terdekat lewat telepon dan juga video call. Walau tidak bisa bertatap muka secara langsung, setidaknya, cara ini bisa digunakan untuk mengurangi rasa rindu kita terhadap mereka. Agar waktu terasa lebih menyenangkan, kita bisa mencoba untuk melakukan video call dengan mereka saat berbuka, sehingga masih bisa menjalani momen buka puasa bersama meski dengan cara virtual.
ADVERTISEMENT

3. Membaca buku

Ilustrasi buku Foto: Pixabay
Kalau memiliki waktu luang yang cukup banyak, tidak ada salahnya kalau kita mencoba membaca buku. Ada macam-macam jenis buku yang bisa kita baca, dari yang bersifat nonfiksi seperti otobiografi atau memoar, hingga yang berbentuk fiksi seperti novel. Bila memiliki buku yang sudah lama tidak disentuh, ini adalah waktu yang tepat untuk membacanya hingga tuntas.

4. Merawat tanaman

Ilustrasi berkebun Foto: Ilustrasi menari
Bagi Anda yang suka berkebun, tentu bisa mengisi waktu luang dengan merawat tanaman yang ada. Manfaatkan momen ini untuk merawat tanaman yang sudah dipelihara, misal dengan mengganti tanahnya atau memberikan pupuk agar tanaman itu jadi lebih subur. Kemudian, Anda juga bisa berkreasi dengan mulai memelihara tanaman baru yang mempercantik kebun dan rumah, seperti bunga, aglaonema, atau tanaman hias lainnya.
ADVERTISEMENT

5. Menulis

Ilustrasi menulis Foto: Pixabay
Anda sudah lama ingin menulis lagi bisa memanfaatkan momen untuk mulai melakukan hal tersebut di bulan ini. Tuangkan pikiran Anda dalam bentuk tulisan yang disukai, mulai dari yang disimpan secara pribadi seperti buku harian, hingga yang sifatnya bisa dikonsumsi oleh publik, seperti tulisan dalam blog. Tak cuma itu, Anda bahkan bisa memanfaatkan momen yang ada untuk mulai menulis buku fiksi maupun nonfiksi.

6. Membuat karya seni

Ilustrasi menggambar. Foto: Coyot via Pixabay
Cara lain yang cukup menyenangkan untuk menghabiskan waktu adalah dengan membuat karya seni. Misal, dengan menjahit, merajut, menggambar, hingga melukis. Kalau merasa belum mahir membuat kesenian, Anda bisa mencoba menonton atau membaca panduan yang ada di internet. Selain mengisi waktu, Anda juga bisa memperkaya kemampuan baru dengan cara ini.
ADVERTISEMENT

7. Mengikuti kelas online

Ilustrasi perempuan mengikuti kelas online. Foto: Dok. Shutterstock
Untuk memperkaya pengetahuan, kita bisa juga mencoba untuk mengikuti aneka kelas online yang ada. Saat ini, ada berbagai kelas menarik yang bisa diikuti secara gratis, termasuk yang berasal dari universitas luar negeri ternama seperti Harvard University, Columbia University, hingga Yale University. Bila ingin mengikuti kelas tersebut, Anda bisa langsung pergi ke laman universitas yang diinginkan atau menggunakan platform kelas online seperti Coursera untuk menemukan subjek yang dianggap menarik.

8. Mendekorasi rumah

Dekorasi ruangan. Foto: Shutterstock
Selanjutnya, Anda juga bisa memanfaatkan waktu luang yang ada untuk mendekorasi rumah. Di antaranya, dengan mengatur ulang ruang kerja agar sesi work from home (WFH) lebih menyenangkan, menghias dapur dengan tanaman, hingga mempercantik ruangan tidur dengan perhiasan-perhiasan baru. Waktunya mengeksplorasi opsi yang ada dan menjadikan sudut rumah terasa lebih nyaman, dengan cara menghiasnya sesuai selera dan keinginan Anda.
ADVERTISEMENT

9. Mencoba hobi baru

Ilustrasi influencer perempuan. Foto: Shutterstock
Di luar hal-hal yang disarankan di atas, kita bisa pula mencoba untuk melakukan hobi baru yang belum sempat dicoba hingga ini. Misal, dengan mengasah kemampuan membuat vlog, memasak sebelum berbuka, belajar bahasa baru, hingga berlatih editing foto dan gambar digital. Siapa tahu, hobi ini nantinya bisa dikembangkan menjadi salah satu sumber pemasukan harian.

10. Mendengarkan podcast atau streaming serial online

Ilustrasi mendengarkan podcast Foto: Shutterstock
Selanjutnya, kita juga bisa mencoba mendengarkan podcast untuk mengusir rasa bosan di tengah aktivitas. Ada berbagai jenis podcast ataupun serial yang bisa dipilih, sesuai dengan jenis pembahasan yang disukai. Jika tidak, kita bisa pula memilih untuk menonton serial online, sesuai dengan genre yang dianggap menarik.
ADVERTISEMENT
Namun, perlu diingat bahwa hal-hal ini hanya dilakukan sebagai selingan ya, Ladies. Jangan lupa untuk tetap menunaikan kewajiban selama Ramadhan, terutama untuk beribadah dan juga work from home (WFH).

11. Berolahraga

Ilustrasi perempuan mengenakan hijab saat olahraga. Foto: Shutterstock
Terakhir, kita juga bisa mengisi waktu dengan berolahraga. Seperti pada hari-hari lainnya, kita bisa mencoba olahraga yang disenangi, dari yoga sampai bodyweight training. Hanya saja, ingat bahwa Anda tidak langsung segera bisa minum atau mengganti kalori jika berolahraga selama berpuasa. Sehingga, bila takut terlalu membebani, kita bisa memilih untuk berolahraga di dekat waktu berbuka.
Selamat mencoba ya, Ladies!
(Simak panduan lengkap Corona di Pusat Informasi Corona)
***
Yuk! bantu donasi atasi dampak Corona.