UNESCO Tambah 9 Destinasi Baru Jadi Warisan Dunia, Mana Saja?

28 Juli 2021 18:13 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Taman Retiro, Madrid Foto: MadridCentana/Instagram
zoom-in-whitePerbesar
Taman Retiro, Madrid Foto: MadridCentana/Instagram
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Setelah menghapus status sejumlah warisan dunia, Komite Warisan Dunia UNESCO menambahkan sembilan destinasi baru ke dalam daftar World Heritage. Di antaranya adalah Taman Retiro di Madrid dan Kereta Api milik Iran.
ADVERTISEMENT
Dilansir Travel and Leisure, sembilan Situs Warisan Dunia UNESCO tersebut tersebar di seluruh Eropa dan Asia. Selain destinasi wisata, lokasi pengembangan budaya manusia juga dinobatkan sebagai warisan dunia UNESCO.
Selain Taman Retiro, Madrid juga menyumbang Jalan Raya Paseo del Prado dengan deretan tanaman tua di tepi jalan. Kawasan itu merupakan salah satu tempat pertama di kota besar Eropa, yang menjadi tempat warga menikmati waktu luang dan berjalan-jalan.
Plaza Parterre inside Madrid's Retiro park Foto: Wikimedia Commons
Ada pula 11 kota spa di 7 negara Eropa, termasuk Austria, Belgia, Ceko. Prancis, Italia, dan Inggris ditambahkan sebagai penanda 'budaya spa Eropa Internasional yang berkembang dari awal abad ke 18 hingga tahun 1930-an'.
Sementara itu, status warisan dunia baru di Asia diberikan kepada China's Emporium of the world. Sebuah situs yang berasal dari abad ke-10 Masehi di China.
ADVERTISEMENT
Situs tersebut menyimpan bangunan keagamaan dan sisa-sisa arkeologi dermaga, jembatan dan jaringan transportasi sebagai pengingat semangat kota sebagai emporium maritim selama periode Song dan Yuan.
Selain bangunan bersejarah, area budaya juga masuk ke dalam daftar Warisan Dunia UNESCO tahun ini, salah satunya area budaya Hima Arab Saudi di bagian pegunungan negara tersebut. Kawasan ini menyimpan seni cadas yang berusia lebih 7.000 tahun.
Selanjutnya ada Mercusuar Cordouan dari abad ke 16 di Prancis, lalu Koloni Seniman Darmstadt di Mathildenhohe di Jerman, lukisan dinding abad ke 14 di Padua, Italia, Kuil Kakatiya Rudreshwara abad ke-12 di India dan kereta api Trans-Iran.
UNESCO juga berencana memasukkan sejumlah destinasi wisata dunia lainnya ke dalam daftar Warisan Dunia. Pemungutan suara untuk penambahan daftar baru akan dilakukan kembali 28 Juli.
ADVERTISEMENT
(Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona).