Traveler Jangan Pakai Sandal Jepit saat ke Bandara, Ini Alasannya

12 Agustus 2022 7:01 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
4
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Ilustrasi traveler yang menggunakan koper berwarna hitam. Foto: Vitalii Stock/Shutterstock
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi traveler yang menggunakan koper berwarna hitam. Foto: Vitalii Stock/Shutterstock
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Memilih pakaian yang nyaman saat traveling menjadi salah satu keharusan. Hanya saja, kata nyaman tersebut kadang disalahartikan traveler, bahwa mereka bebas untuk mengenakan pakaian apa saja saat ke bandara, termasuk sandal jepit.
ADVERTISEMENT
Kalau kamu adalah salah satu orang yang suka mengenakan sandal jepit ke bandara, hentikan kebiasaan tersebut mulai sekarang, ya. Memangnya kenapa, sih? Ini alasannya.
Ilustrasi traveler yang memakai sandal jepit di bandara. Foto: Bignai/Shutterstock.
Dilansir The Sun, menurut para pakar penerbangan dan juga awak kabin, sandal merupakan salah satu alas kaki yang tidak direkomendasikan saat penerbangan.
Analis penerbangan, Mary Schiavo, mengatakan bahwa traveler sebaiknya menghindari menggunakan sandal jepit saat ke bandara.
"Tolong kenakan sepatu dengan benar dan tunggu sampai pesawat lepas landas dan mendarat," ujarnya.
Ilustrasi Travelator di bandara. Foto: travelarium.ph/Shutterstock
Bukan tanpa alasan, Schiavo menjelaskan bahwa memakai sandal tak hanya membahayakan diri sendiri, tetapi juga orang lain. Sebagai contoh, jika ada kondisi darurat dan penumpang harus segera cepat-cepat keluar dari pesawat, mereka yang mengenakan alas kaki jenis ini tentu akan kesulitan.
ADVERTISEMENT
"Saya melihat orang-orang naik (pesawat) dengan sandal jepit dan saya pikir jika Anda harus bangun dan berlari, Anda akan terjatuh. Anda tidak hanya akan melukai diri sendiri, tetapi juga melukai lusinan orang lain di pesawat. Jadi, pakailah sepatu," tutur Schiavo.

Alasan Traveler Jangan Pakai Sandal Jepit

Ilustrasi traveler yang memakai sandal jepit di bandara. Foto: ALPA PROD/Shutterstock.
Hal senada juga diungkapkan salah seorang pramugari bernama Andrea Fischbach. Sama seperti yang diungkapkan Schiavo, ia menyebut bahwa memakai sendal akan membuat traveler kerepotan, khususnya saat terburu-buru.
"Jika kamu harus berpindah dengan cepat dari terminal satu ke yang lainnya, kamu akan lebih baik mengenakan sepatu untuk memudahkan langkahmu," ujar Fischbach.
"Saya juga tidak menyarankan sepatu hak tinggi dan sandal jepit demi alasan keamanan," lanjutnya.
ADVERTISEMENT
Sama seperti sandal jepit, sepatu high heels atau hak tinggi juga sama berbahayanya, karena bisa saja membuat traveler terjatuh ataupun terkilir.
"Jika ada evakuasi dan seluncuran darurat dikeluarkan, sepatu hak tinggi harus dilepas, karena dapat menusuk seluncuran," ungkap Fischbach.
Sementara itu, untuk alasan keamanan yang sama, kamu juga sebaiknya selalu mengenakan sepatu, bahkan saat penerbangan berlangsung.
Pakar penerbangan Christine Negroni, mengatakan bahwa waktu paling berisiko dalam penerbangan adalah saat mendarat dan lepas landas.
"Saya pikir itu harus menjadi aturan untuk memakai sepatu selama waktu ini," kata Negroni.