Sagrada Familia, Spanyol, Dibuka Kembali Khusus untuk Garda Terdepan COVID-19

5 Juli 2020 17:05 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
La Sagrada Familia Foto: Rachmadin Ismail
zoom-in-whitePerbesar
La Sagrada Familia Foto: Rachmadin Ismail
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Spanyol membuka kembali gereja Sagrada Familia pada Sabtu (4/7) khusus untuk pengunjung yang berprofesi menangani pandemi virus corona. Hal ini merupakan salah satu cara pemerintah Spanyol memberikan apresiasi terhadap kinerja para pekerja selama pandemi.
ADVERTISEMENT
Dilansir Reuters, pada hari pertama pembukaan ikon Barcelona itu, para pengunjung tampak mengambil foto dan mendengarkan panduan audio setelah Uskup Agung Barcelona Juan Jose Omella memimpin perwakilan para pekerja medis masuk dalam gereja itu.
Sagrada Familia, Spanyol Foto: Shutter stock
Basilika yang didesain oleh arsitek Antoni Gaudi itu telah ditutup selama empat bulan karena pandemi virus corona. Namun, selama dua pekan mendatang, gedung itu dibuka untuk para garda terdepan penangan virus corona, seperti petugas medis, polisi dan aktivis NGO.
“Langkah ini untuk mengakui dan memberi penghormatan pada warga Barcelona, terutama mereka yang telah di garis depan memerangi dan bekerja mencegah Covid-19,” tulis basilika dalam leterangan resmi yang dikutip dari Reuters.
Sementara itu, dalam fase kedua pembukaan kembali gereja Sagrada Familia, akan diperuntukkan untuk warga Barcelona secara gratis. Sedangkan, untuk wisatawan domestik dan Internasional akan diizinkan mengunjungi gereja pada fase ketiga pembukaan gereja.
Sagrada Familia, Spanyol Foto: Shutter stock
Berlokasi di Barcelona, Sagrada Familia adalah salah satu gereja di Spanyol yang masuk dalam daftar Situs Warisan Dunia UNESCO dan ditahbiskan sebagai basilika kecil oleh Paulus Benediktus XVI.
ADVERTISEMENT
Sempat tersendat karena hanya dibangun mengandalkan sumbangan pribadi dan hadirnya Perang Sipil Spanyol, Sagrada Familia menjadi bangunan gereja tertinggi di dunia dengan menara tertinggi di dunia.
Hingga saat ini Sagrada Familia belum selesai secara utuh, diharapkan pada tahun 2026, tepat pada peringatan seratus tahun kematian Gaudi, proyek ini dapat selesai sepenuhnya.
Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona.