Potret Mengerikan Tempat Wisata yang Penuh Pengunjung Saat Libur Lebaran 2021

17 Mei 2021 11:20 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Sejumlah warga yang akan berwisata tertahan di kawasan pintu masuk Ancol Taman Impian, Jakarta, Sabtu (15/5/2021). Foto: Aprilio Akbar/ANTARA FOTO
zoom-in-whitePerbesar
Sejumlah warga yang akan berwisata tertahan di kawasan pintu masuk Ancol Taman Impian, Jakarta, Sabtu (15/5/2021). Foto: Aprilio Akbar/ANTARA FOTO
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Pemerintah telah mengeluarkan kebijakan larangan mudik selama periode 5 hingga 17 Mei untuk menekan lonjakan libur panjang Lebaran 2021. Namun, sejumlah tempat wisata tetap dibuka selama periode larangan mudik.
ADVERTISEMENT
Kebijakan tersebut membuat sejumlah tempat wisata mendadak kebanjiran wisatawan yang ingin menghabiskan momen Lebaran 2021. Ancol Taman Impian misalnya, tempat wisata favorit warga Jakarta ini tercatat menerima kunjungan sebanyak 30 ribu wisatawan saat Lebaran pertama, Kamis (13/5). Sedangkan, pada Lebaran kedua atau Jumat (14/5), ada 10 ribu pengunjung di Ancol.
Bukan hanya Ancol, objek wisata Taman Mini Indonesia Indah (TMII) juga mengalami ledakan pengunjung saat libur Lebaran. Berdasarkan data, pengunjung TMII pada Lebaran hari pertama pukul 16.00 WIB mencapai 11.770 orang. Sementara hari ini per pukul 15.00 WIB, pengunjung mencapai 14.034 orang.
Sejumlah wisatawan antre untuk memasuki tempat wisata Ancol Jakarta, Jumat (14/5/2021). Foto: Rivan Awal Lingga/Antara Foto
Pedagang menerbangkan layang-layang di Pantai Carnaval Ancol Jakarta, Jumat (14/5/2021). Foto: Rivan Awal Lingga/Antara Foto
Sementara itu, Kebun Binatang Ragunan menerima lebih dari 11 ribu orang di hari kedua Lebaran. Sebelumnya, pemerintah telah menetapkan aturan kapasitas kunjungan tempat wisata hanya 30 persen selama pembukaan tempat wisata saat libur Lebaran.
ADVERTISEMENT
Dengan adanya lonjakan wisatawan tersebut, Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi DKI Jakarta memutuskan menutup sementara tiga objek wisata Taman Impian Jaya Ancol, Taman Mini Indonesia Indah (TMII), dan Taman Margasatwa Ragunan.
Suasana pengunjung di TMII, Jakarta, Sabtu (15/5). Foto: TMII
Langkah ini diambil demi mencegah kerumunan yang bisa menyebabkan penularan virus corona. Penutupan sementara dilakukan pada 16-17 Mei 2021. Ketiga tempat wisata itu diperbolehkan buka kembali pada 18 Mei 2021.
Selain di Jakarta, objek wisata beretribusi di Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta juga turut diserbu wisatawan. Selama momentum libur Lebaran 2021, Gunung Kidul telah menerima 57 ribu wisatawan.
Selain itu, kawasan wisata alam Tangkuban Parahu, di Subang, Jawa Barat juga dibanjiri wisatawan. Meski demikian, dibukanya tempat wisata tetap mematuhi protokol kesehatan yang ketat dan membatasi kapasitas pengunjung.
Petugas memeriksa identitas diri wisatawan sebelum memasuki kawasan Taman Margasatwa Ragunan di Jakarta, Kamis (14/5/2021). Foto: ANTARA FOTO/Aprillio Akbar
Sementara itu, Ketua Satgas Penanganan COVID-19 Doni Monardo, meminta pemerintah daerah terus melakukan antisipasi penularan COVID-19 di tempat wisata.
ADVERTISEMENT
Dia minta pimpinan daerah memastikan aturan pembatasan kapasitas dilakukan. Sebab, kerumunan terlalu banyak akan sangat riskan terhadap penularan COVID-19.
Ia pun meminta Polda setempat untuk berani melakukan pembubaran dengan tegas bila terjadi pelanggaran protokol kesehatan. Bahkan harus berani menutup tempat wisata tersebut.
(Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona).