Menilik Keindahan Tebing Berlubang di Pantai Karang Bolong, Banten

23 Mei 2021 16:26 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Pantai Karang Bolong, Anyer Foto: Instagram (@ratnamdp)
zoom-in-whitePerbesar
Pantai Karang Bolong, Anyer Foto: Instagram (@ratnamdp)
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Berbicara tentang objek wisata pantai, Serang, Banten selalu berhasil menawarkan pantai-pantai yang indah dan menarik untuk dikunjungi. Sebut saja Pantai Anyer, Pantai Sawarna, Pantai Tanjung Lesung dan masih banyak lagi.
ADVERTISEMENT
Salah satu pantai di Serang yang tak kalah indahnya dengan pantai-pantai tersebut adalah Pantai Karang Bolong. Dinamakan Karang Bolong karena berada di Desa Karang Bolong, Kecamatan Anyer.
Daya tarik yang dimiliki Pantai Karang Bolong, yaitu keindahan tebing karangnya yang begitu mempesona. Keindahannya pun terlihat tatkala karang tersebut terhantam ombak laut yang sangat keras sehingga menimbulkan cipratan-cipratan.
Namun, untuk melihat momen langka tersebut, wisatawan harus memperhatikan cuaca ketika akan berkunjung ke pantai ini. Biasanya, ombak akan membesar dan menghantam karang pada sore hari. Jangan lupa untuk mengabadikannya, ya, karena momen tersebut sangat langka.
Tak hanya itu, daya tarik Pantai Karang Bolong terdapat pada tebing unik yang memiliki lubang di tengahnya. Dilansir berbagai sumber, menurut ahli geologi, lubang atau bolongan yang terdapat di tebing tercipta karena kikisan air laut yang berlangsung sangat lama. Namun, versi lain menyebutkan, lubang tersebut ada karena imbas letusan mega dahsyat Gunung Krakatau yang terjadi pada tahun 1883.
ADVERTISEMENT
Di sekeliling pantai, tampak pohon-pohon rimbun yang sejuk menjadikannya sebagai tempat berteduh oleh para pengunjung sambil menikmati angin pantai. Di antara pepohonan tersebut, ada beberapa pohon yang sudah berumur ratusan tahun lamanya, namun tetap kokoh.
Di Pantai Karang Bolong pun, para wisatawan dapat melakukan berbagai kegiatan, seperti bermain jetski, banana boat, berselancar, memancing, berenang di sekitar pantai dan masih banyak lagi yang bisa dilakukan di sini. Tatkala matahari terbenam, wisatawan dapat berswafoto di daerah sekitar pantai dengan background yang sangat cantik.
Indahnya pemandangan di sekitar pantai, menjadikan Pantai Karang Bolong ramai dikunjungi wisatawan. Maka tidak salah jika kemudian Pantai Karang Bolong semakin populer dan banyak dijadikan kegiatan seperti foto prewedding ataupun tempat pertemuan.
ADVERTISEMENT
Harga tiket masuk ke pantai ini dibanderol seharga Rp 10 ribu per orangnya. Jika rombongan, akan dibanderol sekitar Rp 400 ribu untuk bus kecil dan Rp 500 ribu untuk bus besar.
Tertarik untuk mengunjunginya? Kamu bisa datang ke Desa Karang Suraga, Cinangka, Serang, Banten. Pantai ini jaraknya 53 km dari Kota Serang, Banten.