Mengenal 5 Istilah Traveling yang Perlu Diketahui, Kamu yang Mana?

2 Maret 2021 7:00 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Ilustrasi traveler di bandara menggunakan masker Foto: Shutterstock
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi traveler di bandara menggunakan masker Foto: Shutterstock
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Traveling merupakan salah satu cara yang paling banyak dipilih untuk menghilangkan kepenatan. Semakin populer, banyak yang menjadikan traveling atau liburan sebagai gaya hidup, bahkan sebagian mendapat peluang ladang profesi dan penghasilan tambahan baru.
ADVERTISEMENT
Semakin berjalannya waktu, banyak istilah baru bermunculan terkait kegiatan traveling, mulai dari gaya hemat backpacker atau liburan mewah ala selebriti.
Selain backpacker atau liburan low budget, banyak jenis traveling yang mungkin belum kamu ketahui. Berikut kumparan rangkum jenis dan istilah kegiatan traveling yang perlu kamu ketahui.

1. Flashpacker

Ilustrasi backpacker Foto: Shutterstock
Flashpacker adalah istilah yang digunakan oleh para pelancong dengan anggaran tanpa batas. Para flashpacker biasanya tak menyadari bahwa mereka seorang flashpacker dan juga bisa dianggap sebagai backpacker yang 'naik kelas'.
Flashpacker biasanya didominasi oleh para anak muda usia 25 tahun ke atas yang umumnya telah memiliki pekerjaan. Mereka tetap memikirkan bujet, tetapi lebih mengutamakan pengalaman. Jadi, seorang flashpacker tak masalah jika mengeluarkan biaya sedikit lebih besar, asalkan mendapatkan pengalaman yang tak terlupakan.
ADVERTISEMENT
Soal penginapan, seorang flashpacker mengutamakan kenyamanan, misalnya menginap di sebuah hotel bintang 3. Sedangkan backpacker lebih memilih menginap di tempat yang murah, bahkan gratis.

2. Babymoon

Babymoon Foto: Pixabay
Babymoon adalah perjalanan atau liburan romantis bersama pasangan tercinta sebelum kehadiran si buah hati ke dunia. Meski konsepnya ‘sekadar’ jalan-jalan atau liburan berdua, babymoon memberi banyak manfaat pada ibu, janin, maupun calon ayah.
Kegiatan ini dapat menjadi kesempatan untuk beristirahat, berdiskusi, hingga memperkuat ikatan antara kamu dan suami. Ikatan yang terjalin sebelum kelahiran bayi sangat penting, agar calon orang tua lebih siap dengan peran barunya.
Tidak heran kalau kini babymoon semakin banyak dilakukan oleh calon orang tua muda. Seperti saat dulu memilih dan merencanakan destinasi bulan madu, semangat untuk mempersiapkan babymoon juga tidak kalah serunya.
ADVERTISEMENT
Umumnya, para pasangan memilih destinasi babymoon yang santai dan nyaman untuk ibu hamil. Banyak juga yang memilih menikmati babymoon di vila atau resor yang sudah memiliki fasilitas lengkap, sehingga pasangan tidak perlu lagi ke mana-mana.

3. Mancation

Ilustrasi traveling bareng teman Foto: Shutter stock
Mancation merupakan kegiatan yang ditujukan untuk para pria. Dalam kegiatan ini, para kaum hawa dilarang terlibat. Biasanya, traveling jenis tersebut akan diisi oleh kegiatan-kegiatan yang menyangkut dengan banyak hobi dari laki-laki.
Kegiatan yang kerap dilakukan para laki-laki saat mancation adalah menonton pertandingan olahraga, memancing dengan tombak, atau bermain kartu dan catur di sebuah tempat. Mereka biasanya menghabiskan liburan dalam rentang waktu tertentu.

4. Staycation

Ilustrasi Staycation. Foto: Shutter Stock
Kata staycation pastinya bukan lagi hal yang aneh atau baru di telinga kamu, kan? Staycation sendiri berasal dari kata "Stay" yang berarti tinggal sementara atau menginap, dan "Vacation" yang berarti liburan.
ADVERTISEMENT
Secara harfiah, staycation bisa kamu artikan sebagai liburan sementara di tempat kamu menetap. Jadi, enggak perlu jauh-jauh ke luar kota dan enggak butuh banyak terlalu banyak waktu.
Cukup memanfaatkan akhir pekan seperti Sabtu dan Minggu. Singkat tapi berkesan. Menarik, kan?

5. Glamping

Glamping di Danau Toba Foto: Dok. Kementerian Pariwisata
Glamping atau Glamorous Camping saat ini muncul menjadi salah satu tren wisata bagi traveler yang senang dengan alam, tanpa melupakan faktor kenyamanan. Serupa dengan camping, glamping merupakan kegiatan wisata mencari pengalaman seru dengan menginap di tepi pantai atau hiking.
Namun, glamping biasanya memberikan fasilitas yang cenderung mewah. Mulai dari tempat tidur yang nyaman berupa kasur spring bed, kamar mandi dengan shower dan air panas, hingga TV dan AC.
ADVERTISEMENT
(Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona).