Korsel dan Singapura Izinkan Turis yang Sudah Divaksin untuk Bebas Karantina

12 Oktober 2021 10:27 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
com-Ilustrasi Singapura Foto: Shutterstock
zoom-in-whitePerbesar
com-Ilustrasi Singapura Foto: Shutterstock
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Mulai tanggal 15 November 2021, Singapura dan Korea Selatan akan menerapkan perjalanan bebas karantina untuk turis yang sudah divaksinas.
ADVERTISEMENT
Dilansir CNBC, Korea Selatan dan Singapura sepakat meluncurkan Vaccinated Travel Lane (VTL), yang dapat memudahkan turis yang sudah divaksinasi untuk masuk ke kedua negara tersebut tanpa melakukan karantina, selama saat mereka dites COVID-19 memiliki hasil negatif.
Namun, para turis harus tetap melakukan tes COVID-19, untuk memastikan apakah mereka terinfeksi virus tersebut atau tidak.
VTL ini sendiri akan menjadi yang pertama di Asia. Menteri Transportasi Singapura, S Iswaran, mengatakan perjalanan umum antara Singapura dan Korea Selatan kembali dibuka, setelah kurang lebih selama 20 bulan ditutup akibat pandemi.
“Ini adalah tonggak sejarah lainnya saat kami membuka kembali perbatasan Singapura, dan melanjutkan perjalanan udara dengan hati-hati dan terkalibrasi,” kata Iswaran.
Nantinya, para turis harus terbang dari Bandara Changi, Singapura, ke Bandara Internasional Incheon, Korea Selatan, atau sebaliknya.
ADVERTISEMENT
Sementara itu, Menteri Perdagangan dan Industri Singapura, Gan Kim Yong, mengatakan bahwa Singapura juga sedang dalam pembicaraan dengan Amerika Serikat tentang kemungkinan dibukanya VTL antara kedua negara tersebut.
“Kami sekarang sedang mengerjakan VTL dengan Amerika Serikat sesegera mungkin, dan tentunya sebelum akhir tahun ini,” ucap Gan Kim Yong.