Jadi Favorit Turis, Taman Hiburan Ini Ternyata Dibangun di Bekas Reaktor Nuklir

14 Desember 2020 16:34 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Taman hiburan di Jerman yang dibangun di bekas reaktor nuklir Foto: Instagram @wunderlandkalkar
zoom-in-whitePerbesar
Taman hiburan di Jerman yang dibangun di bekas reaktor nuklir Foto: Instagram @wunderlandkalkar
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Sebagian dari kamu pasti pernah berkunjung ke taman hiburan. Tapi, apakah pernah berkunjung ke taman hiburan yang ternyata dibangun di bekas reaktor nuklir? Ngeri sekaligus unik, taman hiburan tersebut ternyata bisa kamu temukan di Jerman, lho.
ADVERTISEMENT
Bernama Wunderland Kalkar, taman hiburan anti-mainstream ini punya beragam wahana menarik bagi turis. Taman hiburan satu ini terletak di Kalkar, sebelah utara Dusseldorf, dekat perbatasan antara Jerman dengan negara Belanda.
Reaktor pendingin bekas pembangkit listrik tenaga nuklir di Wunderland di Kalkar, Jerman barat. Foto: INA FASSBENDER/AFP
Dilansir The Sun, selain menyuguhkan banyak wahana, Wunderland Kalkar sungguh anti mainstream.
Bangunannya menggunakan bekas reaktor nuklir yang tidak pernah difungsikan dan ditinggalkan begitu saja.
Saat itu, tepatnya di tahun 1971, pemerintah Belgia, Jerman dan Belanda sepakat untuk bekerja sama membangun sebuah reaktor nuklir. Pembangunan reaktor nuklir itu pun berjalan nyaris tanpa hambatan.
Namun pada tahun 1991, mereka memutuskan untuk tidak mengoperasikan reaktor nuklir yang sudah jadi tersebut.
Keputusan itu diambil karena adanya kecelakaan reaktor nuklir Chernobyl serta adanya protes dari masyarakat. Alhasil, reaktor nuklir tersebut pun tidak jadi digunakan dan ditinggalkan begitu saja.
ADVERTISEMENT
Tak lama kemudian, seorang pebisnis asal Belanda bernama Hennie van der Most akhirnya membeli semua bekas reaktor nuklir itu dan mulai membangun hotel serta kompleks wisata di sana.
Hingga akhirnya terbentuklah Wunderland Kalkar seperti yang kita kenal sekarang.
Wunderland Kalkar mulai dibuka untuk umum pada tahun 2001. Sejak awal dibuka hingga sekarang, taman rekreasi ini menjadi salah satu destinasi wisata favorit di Jerman.
Wisatawan yang datang pun tak perlu takut terkena paparan radiasi. Sebab, sebelum disulap menjadi taman rekreasi, reaktor nuklir ini memang belum pernah difungsikan sama sekali.

Beragam Wahana yang Ditawarkan untuk Wisatawan

Total ada 6 hotel dan 40 buah wahana di taman hiburan ini yang bisa dinikmati wisatawan dari segala usia. Mulai dari roller coaster, perahu kora-kora hingga aneka permainan anak lainnya.
ADVERTISEMENT
Salah satu yang menyita perhatian adalah wahana ayunan vertikal atau Vertical Swing yang dibangun tepat di dalam cerobong reaktor nuklir. Jika dilihat sekilas, wahana ini mirip seperti wahana Hysteria yang ada di Dufan.
Menara pendingin bekas pembangkit listrik tenaga nuklir di Kalkar. Foto: PATRIK STOLLARZ/AFP
Saat naik wahana ini pengunjung akan diajak naik-turun di tiang setinggi hampir 58 meter. Kemudian diputar-putar di udara dengan kecepatan yang bikin jantung kamu berdegup kencang.
Tak heran jika setiap tahunnya, taman hiburan ini hampir selalu ramai dikunjungi wisatawan, tak kurang 300 ribu wisatawan datang ke taman rekreasi ini.
Taman rekreasi yang dulunya bernama Kernies Family ini buka setiap hari dari mulai pukul 10.00-18.00 waktu setempat. Namun, ada saat-saat tertentu di mana Wunderland Kalkar hanya buka pada hari Sabtu dan Minggu.
ADVERTISEMENT
Untuk biaya tiket masuknya beragam sesuai tinggi badan dan usia. Harganya mulai dari 79 Euro (setara Rp 1,3 juta). Harga tiket itu sudah termasuk harga makan dan minum yang bisa dinikmati wisatawan di dalam taman hiburan tersebut.
(Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona)