Ingin Punya Foto Batik yang Keren ala JuxDuo? Simak Tips dari Amrazing

22 Agustus 2019 16:04 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Erza, Era, dan Alexander berfoto dalam pameran "Colours From Home" Foto: Helinsa Rasputri/kumparan
zoom-in-whitePerbesar
Erza, Era, dan Alexander berfoto dalam pameran "Colours From Home" Foto: Helinsa Rasputri/kumparan
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
JuxDuo, kolaborasi artistik antara creative entrepreuner sekaligus Founder and Executive Producer Indonesia Opera Society, Erza S.T., dan Alexander Thian yang dikenal sebagai travel influencer sekaligus fotografer baru saja memamerkan hasil karyanya yang bertajuk "Colours From Home".
ADVERTISEMENT
Bekerja sama dengan Iwan Tirta Private Collection dan dikurasi oleh Isa Art Advisory, Alexander dan Erza menampilkan 18 karya terbaik mereka, bersama dengan batik tulis kenamaan milik Iwan Tirta. Dari antara 18 karya indah fotografi batik dan alam Indonesia tersebut, delapan di antaranya dicetak di kain jenis Duchess Silk.
Karya JuxDuo bisa dibilang bukan sekadar foto biasa, karena sudah sampai dikurasi oleh kurator ternama Deborah Iskandar. Setiap fotonya bukan hanya menampilkan keindahan batik saja, tetapi juga alam Indonesia yang memukau.
Dua karya fotografi batik ini diambil di Indonesia. Gambar kanan diambil di Bali sedangkan yang kiri di Sunda Kelapa, Jakarta Foto: Helinsa Rasputri/kumparan
Dari antara banyak lokasi yang dipilih Alexander dan Erza, sekitar 40 persen foto yang mereka ambil berlatar Indonesia.
"Yang paling Indonesia, yang langit dan batiknya berwarna pink, itu diambil di Sunda Kelapa. Sama yang disampingnya, yang warna langitnya biru, itu sangat Bali, difotonya di Bali," kata pria yang lebih populer dikenal sebagai Amrazing ini saat ditemui dalam acara talkshow "Colours From Home" di Plaza Indonesia pada Rabu (21/8) ketika disuruh untuk memilih.
ADVERTISEMENT
Menyatukan batik dengan alam Indonesia menurut Alexander Thian bukan hal yang mudah, apalagi ia terbiasa melakukan portrait photography, bukan dengan kain, tapi lebih pada manusianya. Tapi, selama setahun, ia bersama Erza menghabiskan waktu untuk mencari konsep paling tepat agar dapat memaksimalkan kedua hal tersebut.
"Karena memang kami misinya ingin menonjolkan enggak cuma batik Indonesia aja, lho, yang keren, alam Indonesia juga keren. Jadi bisa menampilkan dua hal dalam satu gambar. Kan dari awal kami sudah punya misi, kami ingin mengenalkan Indonesia pada dunia, Indonesia bukan cuma Bali, Indonesia punya budaya-budaya yang keren-keren," ujar pria yang akrab disapa Alex itu.
Talkshow "Colours From Home" yang dihadiri Alexander Thian, Era Soekamto, dan Erza S.T. Foto: Helinsa Rasputri/kumparan
Dalam percakapan dengan kumparan, JuxDuo mengakui bahwa mereka masih memiliki lokasi impian dalam melakukan pemotretan batik yang belum kesampaian. Selayaknya elemen Yin dan Yang yang berseberangan, pendapat antara Erza pun berbeda dengan Alex.
ADVERTISEMENT
Ezra sendiri ingin menampilkan keindahan batik di Borobudur, sementara Alex punya impian untuk dapat mengabadikan karyanya di tengah lanskap Selandia Baru yang masih alami.
"Borobudur, karena Borobudur itu, kan, sudah dikenal dunia, ya. Kalau bisa motret batik di sana, bukan cuma bagus saja, tapi juga ada rasa bangga," ungkap Erza.
"Selandia Baru! Aku sudah dua kali ke sana, tapi si Erza belum. Kebayang enggak sih, di sana tuh gunung, apa segala macem.
Aku tuh kebayangnya di tengah jalan di sana itu kan sepi banget. Di tengah jalan, pas domba-domba lewat, terus latar belakangnya gunung, aku fotoin Erza dari belakang, cekrek. Kebayangnya konsepnya begitu, cuma kan belum kejadian sampai sekarang," tambah Alex.
JuxDuo (Erza dan Alexander Thian) di antara karya fotografi mereka Foto: Helinsa Rasputri/kumparan
Nah, untuk kamu yang juga ingin memiliki foto-foto indah seperti JuxDuo, Amrazing memberikan beberapa tips menarik yang bisa untuk diikuti, bahkan oleh pemula. Apa saja?
ADVERTISEMENT
1. Konsep
Konsep merupakan hal terpenting dari sebuah foto. Sebelum memotret, kamu harus sudah memiliki cerita yang ingin digambarkan. "Jadi tergantung kamu mau cerita tentang apa, modelnya siapa, kemudian fotonya di mana, itu memang banyak banget megang peranan," jelas Alex.
2. Gunakan Lensa Wide
Setelah tahu konsep yang akan digunakan, Amrazing menyarankan agar kamu menggunakan lensa wide saat memotret. Selain bisa mendapat keuntungan angle yang lebar dari medan yang sempit, kamu juga akan tetap mendapat kesan grande dari batik yang dikenakan di tengah lanskap yang dipilih.
Kain batik tulis milik Iwan Tirta Private Collection yang ikut dipamerkan dalam "Colours From Home" Foto: Helinsa Rasputri/kumparan
3. Belajar Segitiga Exposure
Menurut pria yang dikenal sering mengunggah konten berbau horoskop dalam Instagramnya tersebut, jika ingin mendapatkan hasil yang bagus, kamu harus belajar segitiga exposure. Segitiga exposure adalah istilah yang digunakan untuk tiga elemen dasar fotografi, yakni aperture, shutter speed, dan ISO.
ADVERTISEMENT
Masing-masing elemen ini akan saling mempengaruhi cahaya yang masuk mencapai sensor kamera untuk mengambil foto. "Belajar segitiga exposure itu penting banget, biar gimana pun motret adalah melukis dengan cahaya. Kamu harus tahu ingin melukis apa, bagaimana melukisnya," katanya.
Sementara untuk editing gambar, Alex merasa bahwa editing bukanlah hal yang harus dilakukan. Asalkan foto yang kamu dapat sudah bagus, terkadang tak perlu diutak-atik pun, foto itu sudah punya kualitas yang bagus.
Hal ini diceritakan Alex karena salah satu foto yang ia pamerkan dalam "Colours From Home" diambil menggunakan kamera ponsel, sedangkan foto lainnya yang diambil di Surabaya tidak diedit sama sekali.
"Karena kamu enggak bisa mengedit foto yang jelek. Jadi ketika kamu punya foto dan modalnya sudah bagus, kamu klik sedikit aja sudah bagus. Bahkan enggak diedit aja sudah bagus," tutupnya.
ADVERTISEMENT