Diburu Wisatawan, Ini 5 Tempat Wisata di Indonesia yang Viral di Tahun 2020

21 Desember 2020 11:03 WIB
comment
1
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Ranu Manduro memiliki alam yang masih sangat alami Foto: Shutter Stock
zoom-in-whitePerbesar
Ranu Manduro memiliki alam yang masih sangat alami Foto: Shutter Stock
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Pandemi COVID-19 telah menjadi peristiwa tak terlupakan sepanjang tahun 2020. Mulai dari kebiasaan hidup sehari-hari yang mendadak berubah guna menekan penyebaran virus COVID-19, keterbatasan ruang untuk bertemu dengan orang lain, hingga segala aktivitas yang harus dilakukan di dalam rumah.
ADVERTISEMENT
Bukan hanya itu, beberapa kejadian unik lainnya juga menarik perhatian masyarakat. Di tahun ini, sejumlah tempat wisata juga mendadak viral dan jadi perbincangan di media sosial.
Berikut Kumparan rangkum tempat wisata yang mendadak viral di media sosial dan menjadi buruan wisatawan di tahun 2020.

1. Ranu Manduro, Mojokerto

Keindahan Ranu Manduro yang menghijau Foto: Twitter/@hafidzbashory_
Nama Ranu Manduro yang merupakan tempat wisata di Mojokerto mendadak ramai diperbincangkan warganet. Kawasan perbukitan di Mojokerto ini viral di media sosial Twitter dan Instagram, karena lanskapnya yang indah seperti Selandia Baru.
Dalam video perjalanan yang beredar itu, tampak hamparan perbukitan hijau dengan latar belakang Gunung Penanggungan yang tampak gagah. Lalu, ada pula bebatuan besar menghiasi bentangan rumputnya.
ADVERTISEMENT
Alamnya nampak masih sangat alami. Apalagi dalam video itu, kamu bisa melihat langit yang biru tanpa kabut polusi. Awan putih justru tampak bermain di sekitar puncak gunung. Sekilas, terlihat seperti lanskap indah Selandia Baru.
Ranu Manduro sebenarnya adalah sebuah telaga. Orang-orang sering menjulukinya sebagai Ranu Kumbolo dari Mojokerto.
Pada musim hujan, kawasan ini akan menghijau karena dipenuhi rerumputan dan lumut. Namun, pada musim panas, kamu akan menemukan pemandangan layaknya Timur Tengah di tempat ini.
Ranu Manduro juga bukanlah kawasan wisata Mojokerto. Kawasan Ranu Manduro dulunya hanya sekadar perbukitan yang dikeruk untuk mengatasi lumpur Lapindo yang meluap pada 2006 silam.
Saat bencana lumpur Lapindo terjadi, banyak truk yang datang ke tempat ini untuk mengeruk pasir. Hasil kerukan itu kemudian menjadi sebuah lubang besar yang membentuk telaga ketika musim hujan tiba.
ADVERTISEMENT
Walau viral di berbagai media sosial karena keindahannya, Ranu Manduro sendiri sebenarnya juga belum menjadi objek wisata resmi. Kawasan bekas lahan penambangan pasir itu belum terdaftar sebagai tempat wisata di Mojokerto menurut pemda setempat.

2. Dusun Butuh Magelang

Dusun Butuh yang punya pesona mirip Nepal Foto: Dok. Istimewa
Belum lama ini viral di media sosial sebuah dusun di Magelang yang punya pesona mirip di Pegunungan Himalaya, Nepal. Ya, tempat tersebut ialah Dusun Butuh yang berada di Desa Temanggung, Kecamatan Kaliangkrik, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.
Dusun ini dikenal dengan keunikannya, yaitu memiliki susunan rumah yang bertingkat dengan latar belakang Gunung Sumbing yang megah. Panorama yang indah dan udara yang sejuk membuat kagum siapa pun yang berkunjung.
Kepala Dusun Butuh, Lilik Setyawan, menuturkan bahwa cerita soal Dusun Butuh yang bak Nepal mulai muncul tepat setahun lalu pada bulan Juni 2019. Ada seorang pendaki senior yang liburan ke Dusun Butuh, kemudian tercetuslah sebutan Dusun Butuh yang mirip sekali dengan Nepal. Foto Dusun Butuh yang terkenal dengan pemandangannya bak Nepal diunggah di media sosial hingga viral.
ADVERTISEMENT
Lilik menjelaskan sebelum muncul istilah Nepal, dusun ini juga sempat disebut seperti Rio De Janeiro (Brasil). Ada pula yang menyebut dusun ini mirip Tibet, karena kontur Dusun Butuh yang bertingkat layaknya sebuah terasering.
Susunan rumah warga di Dusun Butuh cukup unik, karena dibangun beraturan mengikuti kontur dari kaki Gunung Sumbing. Sebab, sebelumnya tempat ini merupakan ladang pertanian warga, sehingga bangunan rumahnya jadi mengikuti kontur lahan, dari bawah memanjang terus ke lereng paling atas.
Menariknya lagi, Dusun Butuh juga disebut-sebut sebagai dusun tertinggi di Kabupaten Magelang. Hal ini karena dusun tersebut terletak tepat di kaki Gunung Sumbing dengan ketinggian 1.600 meter di atas permukaan laut. Oleh sebab itu, ada banyak spot foto yang ditawarkan di tempat ini, salah satunya di tikungan sebelum pasar yang kerap jadi spot foto pengunjung.
ADVERTISEMENT
Spot foto tersebut berada tepat di atas atap rumah salah satu warga. Dari sini, pemandangan Dusun Butuh terlihat secara keseluruhan, sehingga menjadi spot favorit wisatawan.

3. Svargabumi, Magelang

Svargabumi, destinasi wisata Instagramable baru di Borobudur Foto: Instagram @svargabumi
Svargabumi merupakan sebuah objek wisata yang berada di Kelurahan Ngadiharjo, Kecamatan Borobudur, Magelang. Letaknya yang tak jauh dari Candi Borobudur, membuat objek wisata itu menjadi pelengkap wisata alternatif yang berada di kawasan Borobudur, selain Puthuk Setumbu dan Gereja Ayam.
Tempat wisata ini menghadirkan konsep wisata Instagramable dengan lokasi tengah sawah disertai properti foto yang menarik. Menariknya, keberadaan tempat wisata itu tak hanya memberi keuntungan bagi pengusahanya, namun juga petani sekaligus masyarakat sekitarnya.
Menurut salah satu owner Svargabumi, Widi Sasongko, Svargabumi ingin menawarkan sebuah alternatif tempat wisata kekinian bagi wisatawan yang ingin berada dekat dengan alam.
ADVERTISEMENT
"Konsepnya sebenarnya adalah back to nature, cuma kita kombinasikan dengan arsitektur-arsitekturnya. Ada spot foto dan itu memang tanpa merusak alam, karena slogan kita adalah new destinasi sawah swafoto yang Instagramable," kata Widi saat dihubungi kumparan.
Widi juga menjelaskan, nama Svargabumi sendiri diambil dari campuran Bahasa Sansekerta yang berarti surga dan keindahan.
"Svarga itu berasal dari Bahasa Sansekerta artinya kan surga, bagi kami artinya itu suatu keindahan. Sedangkan, Bumi, ya, di Bumi. Jadi, suatu keindahan, bagi kami sebutnya seperti suatu serpihan keindahan surga yang ada di Bumi Pertiwi di Borobudur itu, kira-kira terjemahan metaforanya seperti itu," ungkap Widi.
Uniknya, objek wisata ini benar-benar dibangun di atas area persawahan seluas 3 hektare. Sehingga, di sepanjang pematang sawah sudah dipasangi jalan yang terbuat dari kayu dan bercabang ke 22 spot selfie yang ada di tempat ini.
ADVERTISEMENT
Pengunjung bisa bebas memilih spot mana untuk dijadikan latar foto. Mulai dari spot foto dengan miniatur gapura Candi Borobudur, hammock, hingga ayunan Instagramable bisa kamu temukan di tempat ini.

4. Tebing Koja, Tangerang Banten

Tebing Koja tempat wisata yang dijuluki Kandang Godzilla di Tangerang Foto: Instagram @moenzslow
Beberapa waktu lalu media sosial dihebohkan dengan viralnya objek wisata instagramable di Tangerang, Banten, yang disebut mirip dengan taman dalam film Jurassic Park. Wisata yang viral di TikTok itu bernama Tebing Koja.
Berdasarkan penelusuran kumparan, Tebing Koja sendiri sebenarnya merupakan bekas tambang pasir yang kini berubah jadi tempat wisata. Tak heran tebing ini mendapat perhatian dari traveler pemburu foto Instagenic. Sebab, panorama di Tebing Koja sangat eksotis.
Tebing berwarna putih kecokelatan itu dikelilingi sawah dan kebun yang hijaunya menyejukkan mata. Bentuk tebing yang tidak teratur hasil galian menambah efek eksotis spot tersebut.
ADVERTISEMENT
Meski disebut mirip Jurassic Park, Tebing Koja sebenarnya lebih sering disebut sebagai Kandang Godzilla. Sebab, di sana terdapat tebing berbentuk mirip godzilla, yakni monster fiktif yang populer karena difilmkan.
Tebing berbentuk godzilla ini menyambut wisatawan begitu masuk ke kawasan Tebing Koja, karena letaknya berada di depan. Karena menjadi ikon di Tebing Koja, batu godzilla itu menjadi spot foto favorit wisatawan.

5. Mojosemi Forest Park

Mojosemi Forest Park, Magetan Foto: Mojosemi Forest Park
Beberapa waktu lalu, video dinosaurus mengamuk saat turun dari sebuah truk viral di media sosial. Dinosaurus yang diangkut oleh beberapa orang tersebut berjenis Triceratops yang hidup 68 juta tahun lalu.
Momen tersebut seketika viral, dicuitkan ulang hingga lebih dari 4,8 ribu kali dan disukai oleh lebih dari 15,5 ribu orang. Beragam komentar diberikan warganet, kebanyakan yang merasa penasaran dengan triceratops tersebut.
ADVERTISEMENT
Beberapa warganet kemudian menjelaskan bahwa triceratops tersebut hanyalah sebuah replika yang berisikan orang. Adapun replika triceratops dan dinosaurus lain bisa ditemukan di Mojosemi Forest Park, berlokasi di Magetan, Jawa Timur.
Mojosemi Forest Park. Foto: Yuana Fatwalloh/kumparan
Triceratops tersebut merupakan atraksi wisata yang dimiliki Mojosemi Forest Park, Magetan. Bak film Jurrasic Park, sebuah hutan di Magetan ini dihuni oleh berbagai jenis dinosaurus. Meskipun bukan sungguhan, dinosaurus ini terlihat sangat nyata.
Replika Triceratops dan dinosaurus lain bisa ditemukan di Mojosemi Forest Park, berlokasi di Magetan, Jawa Timur. Wahana bernama Dinosaurus Park yang ada di Mojosemi Forest Park ini menampilkan berbagai macam jenis dinosaurus dengan berbagai ukuran. Sehingga di sini kamu bakalan mendapatkan pengalaman unik.
Tempat wisata hutan ala Jurassic Park tersebut menjadi rumah 20 jenis dinosaurus, namun berupa replika. Ada replika Tyrannosaurus, Velociraptor, Triceratops, hingga Brachiosaurus dengan tinggi mencapai 7 meter. Semua replika dinosaurus ini tersebar di seluruh penjuru hutan yang siap mengejutkanmu.
ADVERTISEMENT