Citilink Jadi Maskapai LCC Kedua di Dunia yang Raih Predikat Bintang 5 Skytrax

21 September 2021 15:11 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Ilustrasi pesawat Citilink Foto: Dok. Citilink
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi pesawat Citilink Foto: Dok. Citilink
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Maskapai penerbangan Citilink berhasil meraih predikat “5-Star COVID-19 Airline Safety Rating” dari Skytrax, sebuah lembaga pemeringkat penerbanganglobal independen yang berbasis di Inggris.
ADVERTISEMENT
Predikat “5 - Star COVID-19 Airline Safety Rating” tersebut merupakan penilaian tertinggi yang diberikan kepada maskapai penerbangan atas penerapan protokol kesehatan terbaik dalam layanan penerbangan di tengah situasi pandemi.
Ilustrasi pesawat Citilink Foto: Dok. Citilink
Berdasarkan keterangan resmi yang diterima kumparan, pencapaian tersebut diumumkan di laman resmi Skytrax (https://skytraxratings.com/) pada hari Selasa, 21 September 2021. Dalam laman resminya tersebut, Citilink menjadi maskapai Low Cost Carrier (LCC) kedua di dunia setelah Scoot (Singapore Airline Group), dan menjadi salah satu dari 15 maskapai di dunia yang berhasil memperoleh predikat ini.
“Predikat ini merupakan pengakuan global atas kualitas penerapan protokol kesehatan yang baik dalam penerbangan Citilink khususnya di masa pandemi COVID-19,” ujar Direktur Utama Citilink, Juliandra.
Citilink mendapat predikat bintang 5 dari Skytrax Foto: Dok. Citilink
Juliandra mengatakan bahwa sejak awal Citilink terus berkomitmen untuk menerapkan protokol kesehatan yang baik dan mengembangkan berbagai layanan di seluruh fase penerbangannya. Hal ini dilakukan demi menciptakan penerbangan yang aman dan nyaman bagi seluruh pelanggan, sejalan dengan misi Citilink untuk menjadi “The Most Hassle-Free Airline”.
ADVERTISEMENT
"Citilink telah melakukan persiapan audit sejak Januari 2021. Pencapaian predikat tersebut didasarkan pada proses audit yang dilaksanakan oleh Skytrax pada bulan Agustus 2021 yang mencakup keseluruhan aspek penerapan protokol kesehatan, utamanya dalam memberikan pelayanan terbaik selama masa pandemi COVID-19 yang meliputi tahapan pre-, in- hingga post-flight," paparnya.
Awak kabin Citilink kenakan seragam baru Foto: Dok. Citilink
Pelaksanaan audit Skytrax dilakukan untuk memastikan bahwa Citilink telah memiliki prosedur atau menyempurnakan prosedur dengan memasukkan standar prosedur kesehatan terkait COVID-19, dan penerapan prosedurnya baik dalam fase sebelum, saat terbang, maupun sesudah penerbangan (pre-, in-, dan post-flight).
Sementara itu, CEO Skytrax Edward Plaisted, pada kesempatan yang sama mengatakan Citilink telah melampaui standar industri untuk memitigasi risiko penularan COVID-19 dalam rangka memulihkan kepercayaan penumpang untuk kembali bepergian menggunakan pesawat.
ADVERTISEMENT
“Kami senang untuk menobatkan Citilink dengan predikat 5-Star Airline COVID-19 Safety Rating, mempertimbangkan segala upaya yang telah dilakukan Citilink dalam memberikan standar kebersihan tertinggi bagi penumpangnya," ujar Edward.
***
(Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona)