Bobobox Akan Buka 17 Bobocabin Baru di Indonesia, Salah Satunya di Malang

6 Juli 2022 8:00 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Bobocabin di Ranca Upas, Kabupaten Bandung. Foto: Dok. Bobobox
zoom-in-whitePerbesar
Bobocabin di Ranca Upas, Kabupaten Bandung. Foto: Dok. Bobobox
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Bobobox baru saja meresmikan Bobocabin, produk akomodasi terbaru yang dibangun dengan konsep elevated camping. Acara peresmian digelar di Kintamani, Bali, baru-baru ini.
ADVERTISEMENT
Sejauh ini Bobobox sudah mengoperasikan Bobocabin di lima lokasi di Indonesia. Berikut daftarnya:
Bobocabin di Kintamani, Bali. Foto: Bobobox
Rencananya pada 2022, mereka akan membuka 17 Bobocabin baru di 17 lokasi. Hal tersebut diungkap Bobobox President Antonius Bong dan CEO dan Co-founder Bobobox Indra Gunawan.
"Yang realistis, sih, 17 lokasi. Kan, sudah lima. Secara lokasi, Indonesia banyak sekali, sih. Terlalu banyak bahkan, ya, lokasi yang bagus, yang kita bisa eksplor. Cuma, gimana kita... Karena, kan, once kita set up a location, bukan buat satu-dua tahun, it should be there for the next 20–30 years gitu," kata Antonius Bong saat ditemui di Bobocabin Kintamani, Bali, baru-baru ini.
ADVERTISEMENT
"Jadi, banyak hal yang kita harus consider. Aksesnya kayak gimana, pertumbuhan ekonomi di sana bakal kayak gimana," tutur dia.
"Dan bagaimana cara merangkul the local people, ya. Itu penting juga. Sangat penting bahkan. How we can get their support. Enggak cuma get their support, tapi gimana kita bisa elevate kesejahteraan mereka juga, kan," timpal Co-founder Bobobox Indra Gunawan dalam kesempatan yang sama.
Bobobox President Antonius Bong, Wakil Bupati Tabanan I Made Edi Wirawan, dan CEO dan Co-founder Bobobox Indra Gunawan dalam acara peresmian Bobocabin di Kintamani, Bali, Jumat (24/6/2022). Foto: Bobobox
Lebih lanjut, Indra Gunawan mengungkap Bobocabin bakal segera dibuka di Malang, Jawa Timur. Selain itu, Bobocabin akan tersedia pula di lokasi lain di Bali.
"Malang is coming soon. Dan di Bali kita ada another location. Itu saya belum berani ngomong. Nanti, kalau sudah dekat-dekat," ucapnya.
Dikatakan Indra Gunawan, desain bangunan kabin di tiap lokasi akan dibuat sama. Hanya saja, fasilitas pendukungnya bisa berbeda.
ADVERTISEMENT
"Contoh, hot tub di sini. Di sini, pas kita ngebor, dapat air panas, natural hot spring, kayaknya bodoh juga, ya, kalau enggak create fasilitas seperti itu, kan. It's a natural resource yang ada gitu dan experience-nya, kan, pas," ucapnya.

Ide Awal Terciptanya Bobocabin

Dikisahkan Indra Gunawan, sebelum pandemi COVID-19, Bobobox memang punya rencana untuk mengembangkan produk akomodasi outdoor. Hanya saja, mereka kala itu lebih fokus di bisnis hotel kapsul.
Saat pandemi COVID-19 melanda, Indra Gunawan dan keluarga memutuskan pergi ke kawasan hutan untuk menikmati alam setelah merasa bosan berada di rumah.
"Kok, nyaman, ya? Nyaman dan itu dari jam 8 pagi sampai 6 sore enggak kerasa. Until my daughter itu bilang, 'Pa, nginep sini aja.' Terus, saya lihat, orang-orang sudah pada buka tenda. Memang daerah Cikole, kan, banyak campers, ya," tutur Indra Gunawan.
CEO dan Co-founder Bobobox Indra Gunawan dalam acara peresmian Bobocabin di Kintamani, Bali, Jumat (24/6/2022). Foto: Bobobox
Tergoda untuk menginap di sana, Indra Gunawan lalu lebih dulu mengecek fasilitas kamar mandi.
ADVERTISEMENT
"It's that bad. The amenities is that bad. Gue bilang, 'Bisa enggak, ya, gue stay di sini?' Saya ngelihat ke istri juga. 'Kayaknya susah, nih.' Cuma, saya ngerasain itu something yang, sebenarnya, kalau saya bisa nginep, ada fasilitas yang enak aja, wow, it's gonna be an amazing experience gitu. Idenya berawal dari sana," ungkapnya.
Setelah itu, Indra Gunawan beberapa kali kembali ke kawasan hutan, termasuk di Ciwidey. Ia sekaligus berbincang dengan orang-orang di sana.
Dari sanalah, Indra Gunawan mengetahui bahwa banyak orang yang senang menikmati alam, namun ingin fasilitas yang mumpuni untuk menginap. Akhirnya, didirikanlah Bobocabin, dimulai dari di Ranca Upas.