Auto-Sultan! Pria Ini Temukan Berlian 9 Karat Saat Jalan-jalan di Taman

12 Oktober 2020 18:01 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Pria ini temukan berlian di Crater of Diamonds Arkansas State Park. Foto: Arkansas State Park
zoom-in-whitePerbesar
Pria ini temukan berlian di Crater of Diamonds Arkansas State Park. Foto: Arkansas State Park
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Taman menjadi tempat yang tepat buatmu yang ingin sekadar mencari udara segar ataupun berakhir pekan. Namun, lain cerita dengan pria ini, alih-alih mencari udara segar ia malah mendapatkan berlian.
ADVERTISEMENT
Bagai ketiban berlian runtuh, pria itupun mendapatkan berlian hampir 9 karat. Wah beruntung sekali, ya!
Dilansir Matador Network, pria bernama Kevin Kinard ini mendapatkan berlian di Crater of Diamonds Arkansas State Park, sebuah taman yang terletak di Arkansas, Amerika Serikat. Kejadian tersebut terjadi pada Selasa (6/10) lalu, ketika ia sedang berjalan-jalan di taman.
Pria ini temukan berlian di Crater of Diamonds Arkansas State Park. Foto: Arkansas State Park
Saat berada di taman, ia pun mencoba mencari peruntungan dengan mendapatkan berlian sama seperti pengunjung lainnya. Ya, Diamond Arkansas State Park merupakan situs bantalan berlian satu-satunya yang dibuka untuk umum. Pemerintah setempat mengizinkan siapa pun yang memasuki kawasan tersebut untuk mencari berlian.
Bagi pengunjung yang mendapatkannya, berlian tersebut menjadi hak milik si penemu. Jadi, bukanlah hal yang mengejutkan jika wisatawan bisa menemukan berlian saat berkunjung ke taman ini. Hanya saja, berlian yang ditemukan Kinard punya kadar yang istimewa.
ADVERTISEMENT
"Saya hanya mengayak sekitar 10 menit sebelum saya mulai mencari di tempat yang lain secara acak. Apa pun yang tampak seperti kristal, saya mengambilnya dan memasukkannya ke dalam tas," kata Kinard.
Ketika mencari di sisi tenggara taman di area pencarian berlian seluas 15 hektare, Kinard menemukan kristal seukuran marmer berbentuk bulat dan ada lekukan kecil.
"Kelihatannya menarik dan berkilau, jadi aku memasukkannya ke dalam tas dan terus mencari. Aku hanya berpikir itu mungkin kaca," lanjut Kinard.
Pria ini temukan berlian di Crater of Diamonds Arkansas State Park. Foto: Arkansas State Park
Setelah melakukan pencarian, Kinard dan teman-temannya pun memutuskan untuk singgah di Pusat Penemuan Berlian Taman. Di tempat tersebutlah ternyata temuannya itu bernilai luar biasa.
Setelah temuannya dinilai, seorang karyawan memberi tahu Kinard bahwa dia telah menemukan berlian.
ADVERTISEMENT
"Sejujurnya saya menangis ketika mereka memberi tahu saya," ujar Kinard.
"Saya sangat terkejut," imbuhnya.

Berlian Terbesar Kedua yang Pernah Ditemukan di Taman

Sementara itu, menurut Sekretaris Arkansas Department of Parks, Heritage and Tourism, Stacy Hurst, berlian tersebut adalah berlian kedua yang pernah ditemukan di taman tersebut.
"Selamat untuk tuan Kinard atas penemuannya diamond menakjubkan, terbesar kedua yang ditemukan di taman sejak 1972," kata Hurst.
Asisten Inspektur pihak taman, Dru Edmond, juga mengatakan bahwa kondisi taman memang ideal saat Kinard datang ke tempat itu.
Untuk mendapatkan berlian, pengunjung Crater of Diamonds Arkansas State Park bisa membawa sekop kecil. Jika beruntung, pengunjung bisa langsung melihat berlian, tapi biasanya mereka menggali tanah secara perlahan.
ADVERTISEMENT
“Diamond yang ditemukan tuan Kinard sangat besar dengan warna kecokelatan dan berbentuk bulat dan kilau logam yang khas dari semua berlian,” kata Edmond.
Lebih dari 75 ribu berlian sudah ditemukan di taman sejak tahun 1906. Tahun 2019 lalu, seorang pengunjung juga pernah menemukan berlian berukuran 2,12 karat. Sedangkan temuan terbesar oleh pengunjung pada tahun 1975 yang berhasil menemukan berlian 16,37 karat.
Kamu tertarik juga enggak nih berkunjung ke Crater of Diamonds Arkansas State Park?
(Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona)