Arab Saudi Bangun Kantor UNWTO Timur Tengah di Riyadh

31 Mei 2021 8:57 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Ilustrasi hotel di Mekkah, Arab Saudi Foto: Shutter stock
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi hotel di Mekkah, Arab Saudi Foto: Shutter stock
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Arab Saudi mulai membangkitkan kembali industri pariwisatanya yang terpukul akibat pandemi COVID-19. Baru-baru ini, negera Timur Tengah itu mengumumkan akan segera membuka pintu pariwisata untuk wisatawan asing dan mengizinkan warga negaranya berlibur ke luar negeri.
ADVERTISEMENT
Atas keberhasilannya membangkitkan industri pariwisata, Arab Saudi mendapat kehormatan mendirikan kantor Organisasi Pariwisata Dunia PBB (UNWTO) pertama selain di Madrid.
Dilansir Arab News, kantor UNWTO yang berada Riyadh ini akan bertindak sebagai penghubung bagi organisasi tersebut untuk mengkoordinasikan kebijakan dan inisiatif di 13 negara Timur Tengah. Selain itu, kantor ini memiliki fokus untuk mempromosikan produk pariwisata dan pembangunan berkelanjutan.
“Sebagai kantor pertama untuk Organisasi Pariwisata Dunia, ini akan berfungsi sebagai mercusuar untuk kerjasama regional,'' kata Menteri Pariwisata Saudi Ahmed Al-Khateeb.
“Kami senang menjadi tuan rumah kantor di Kerajaan, dan ini datang dalam kerangka komitmen kami untuk bekerja dengan mitra kami di UNWTO untuk mengembangkan industri yang kuat berdasarkan prinsip-prinsip keberlanjutan, dan peluang untuk semua, di berbagai bagian kawasan dan dunia," lanjutnya.
ADVERTISEMENT
Khateeb juga mengatakan peluncuran kantor regional pertama di Timur Tengah ini merupakan peristiwa penting dan mewakili arah baru untuk mengkoordinasikan pariwisata global melalui kerja sama regional.
“Inisiatif baru ini menyadari bahwa kompatibilitas di tingkat regional adalah kunci untuk membuka potensi pariwisata yang sangat besar di Timur Tengah dan menciptakan ketahanan sosial, ekonomi dan lingkungan untuk sektor tersebut dan masyarakatnya,” katanya.
Ilustrasi UNWTO di Riyadh Arab Saudi Foto: Ahmed Alkhateeb/ Twitter
Selain itu, inisiatif pertama dari kantor baru ini adalah mengembangkan akademi pariwisata internasional yang didedikasikan untuk mendukung generasi baru pemimpin pariwisata. Kantor tersebut dibangun dalam kurun waktu delapan bulan di tengah pandemi.
Nantinya, melalui kantor ini juga UNWTO Riyadh akan akan mendukung bisnis, bantu melindungi alam dan warisan budaya, memerangi depopulasi dan ketidaksetaraan regional, dan memberdayakan orang hingga komunitas.
ADVERTISEMENT
(Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona).