6 Jurus Sandiaga Uno Percepat Pemulihan Industri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif

9 Maret 2021 10:07 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Sandiaga Uno saat launching buku #kamioposisi di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (4/2). Foto: Irfan Adi Saputra/kumparan
zoom-in-whitePerbesar
Sandiaga Uno saat launching buku #kamioposisi di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (4/2). Foto: Irfan Adi Saputra/kumparan
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, menjelaskan telah menyiapkan enam langkah strategis untuk mempercepat pemulihan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di Indonesia. Hal tersebut ia sampaikan dalam acara weekly press conference di Gedung Sapta Pesona, Senin (8/3).
ADVERTISEMENT
Langkah pertama yang dilakukan Kemenparekraf adalah terkait program stimulus hibah pariwisata. Pada 2020 lalu, Kemenparekraf memberikan stimulus di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif sebesar Rp 3,3 triliun dengan angka realisasi sebesar 69,63 persen. Dari dana tersebut, 30 persen untuk Pemda dan 70 persen untuk pengusaha hotel dan restoran.
“Untuk program stimulus yang akan dikeluarkan tahun ini masih dalam tahap pembahasan, dan kami akan memberikan update berapa jumlahnya dan juga dari segi waktu kapan akan bisa direalisasikan,” kata Sandiaga, dalam keterangan resmi yang diterima kumparan.
Sandiaga Uno Tinjau Kawasan Pariwisata Likupang. Foto: Dok. Kemenparekraf
Kedua dengan penerapan free covid corridor atau yang disebut dengan travel corridor arrangement. Kebijakan tersebut memungkinkan pembukaan perbatasan untuk wisatawan asing dengan syarat kesehatan yang ketat.
ADVERTISEMENT
“Rencananya pertengahan Maret ini kita akan melakukan rapat koordinasi di Bali, dengan mengundang kementerian lembaga terkait dan semua stakeholders. Kita harapkan ini bisa memberikan angin segar dan menebar harapan. Semoga travel corridor arrangement ini bisa kita mulai eksekusi dalam jangka waktu singkat,” kata Sandiaga.
Langkah ketiga adalah pengembangan KEK (Kawasan Ekonomi Khusus). Dalam kunjungan kerjanya beberapa waktu lalu, Menparekraf telah meninjau salah satu wilayah di Likupang yang rencananya digunakan sebagai KEK di Sulawesi Utara.
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno dalam acara kick off pengawasan dan sosialisasi anti korupsi. Foto: Kemenparekraf RI
Kawasan tahap I KEK Likupang berada di lahan seluas 92,89 hektare dengan nilai investasi sudah hampir Rp 1 triliun, yang mencakup resor, utilitas, area komersial, danau, juga ruang terbuka hijau. Total nilai investasi diperkirakan sebesar Rp 5 triliun hingga tahun 2040.
ADVERTISEMENT
“KEK ini sasarannya adalah bagaimana kita menggerakkan ekonomi berbasis insentif kebijakan-kebijakan pemerintah. Saya juga akan memastikan bahwa eksekusi KEK ini akan berjalan sesuai dengan target, tepat sasaran, tepat manfaat, dan tepat waktu,” kata Sandiaga.
Langkah keempat, Kemenparekraf akan memfasilitasi on boarding program digitalisasi bagi para pelaku ekonomi kreatif. Pada 2020, on boarding program ini mencapai 4 juta peserta dan tahun ini ditargetkan bisa mencapai 10 hingga 15 juta pelaku parekraf.
Sandiaga mengatakan tujuan program ini adalah meningkatkan kemampuan dan kompetensi SDM parekraf yang bisa menghasilkan produk yang berkualitas.
“Ini sejalan dengan yang disampaikan oleh Presiden untuk bangga buatan Indonesia, cintai produk-produk Indonesia,” ujarnya.
Menparekraf, Sandiaga Uno Rapat kerja dengan Menteri dan Wakil Menteri BUMN Foto: Menparekraf
Langkah berikutnya adalah pengembangan Desa Wisata yang merupakan bagian pilar terpenting dari pembangunan pariwisata dan ekonomi kreatif ke depan. Sesuai RPJMN 2020 – 2024, Kemenparekraf/Baparekraf menargetkan sebanyak 244 desa wisata tersertifikasi menjadi desa wisata mandiri hingga 2024.
ADVERTISEMENT
“Kita harapkan desa wisata ini akan mampu meningkatkan perekonomian masyarakat dan membuka lapangan kerja. Dan tentunya, pengembangan desa wisata menekankan aspek berkelanjutan,” kata Sandiaga.
Terakhir, langkah yang dilakukan Sandiaga Uno, adalah memprioritaskan pemberian vaksinasi bagi para pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif yang saat ini masih berjalan. Program vaksinasi ini nantinya akan diperluas di berbagai destinasi di Indonesia dan dilakukan secara bertahap.
“Harapannya vaksinasi ini bisa kita terapkan di berbagai wilayah, the sooner, the better, semakin cepat, semakin baik. Karena untuk mencapai target herd immunity di sektor parekraf kita harus berusaha semaksimal mungkin,” tutup Sandiaga.
(Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona).