5 Rekomendasi Travel Documenter Seru dari Netflix Buat Temenin Kamu #DiRumahAja

18 Maret 2020 17:18 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Ilustrasi menonton Netflix Foto: Shutter Stock
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi menonton Netflix Foto: Shutter Stock
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Pandemi virus corona berhasil bikin gerakan #dirumahaja jadi makin luas. Kantor-kantor mulai menerapkan work from home. Sekolah-sekolah juga ditutup dan siswanya disuruh untuk belajar dari rumah. Tempat wisata di berbagai daerah pun tak ketinggalan ditutup.
ADVERTISEMENT
Pemerintah pusat bahkan mengimbau agar kegiatan traveling atau bepergian ditunda, kecuali ada urusan atau kebutuhan mendesak yang tak bisa ditinggal. Kalau sudah begini, kamu yang biasanya menghabiskan liburan dengan jalan-jalan, pastinya jadi mumet sendiri.
Mau ngapain, ya, di rumah? Nah, supaya enggak bosan, sekaligus untuk mengobati kerinduan buat jalan-jalan, kamu bisa Netflix and chill dengan lima rekomendasi travel documentary ala kumparan. Penasaran? Yuk, simak.

Dark Tourist

Berbeda dengan kebiasaan wisatawan yang suka berkunjung ke tempat wisata populer, jurnalis David Farrier justru melakukan eksplorasi ke tempat-tempat anti-mainstream yang dijuluki sebagai dark tourism. Dark Tourism adalah aktivitas pariwisata yang mengacu pada tempat-tempat dengan sejarah kelam atau aktivitas yang tak biasa.
ADVERTISEMENT
Dalam tiap episode, Farrier menampilkan pengalaman yang berbeda. Mulai dari mengunjungi Fukushima yang tinggi radiasi, bertemu vampir di New Orleans, bahkan mengikuti tradisi pemakaman di Toraja, Indonesia.

Jack Whitehall: Travels with My Father

Buat yang suka genre komedi, kamu bisa menonton Jack Whitehall: Travels with My Father. Dokumenter ini mengajak kamu menikmati 'quality time' Jack Whitehall dengan sang ayah sambil jalan-jalan ke berbagai negara.
Dalam film tersebut, kamu bisa melihat relasi ayah-anak yang mengundang tawa. Terutama karena sang ayah yang kaku dan konservatif berusaha mengikuti gaya traveling anaknya yang bebas dan dinamis.

Tales by Light

Dari kacamata fotografer, kamu diajak untuk melihat keindahan alam, budaya, tradisi, serta cara hidup masyarakat di berbagai daerah di dunia. Serial dokumenter ini seakan membawa kamu untuk dapat lebih dekat dengan para penduduk lokal.
ADVERTISEMENT
Melihat keunikan mereka sembari memahami polemik masyarakat yang ada di dalamnya. Diluncurkan perdana pada 2015, Tales of Light kini sudah memasuki musim ketiga.

Street Food

Jalan-jalan pastinya enggak lengkap tanpa makan makanan enak yang khas. Street food atau makanan pinggiran adalah sajian nikmat yang otentik dari suatu daerah.
Buat penggemar kuliner, terutama yang senang wisata kuliner saat traveling, kamu bisa menonton Street Food. Setiap episodenya mewakili street food dari satu daerah, di satu negara. Dan dalam tiap episode, ada 3-4 makanan yang diulas di dalamnya.
Psst, jangan lupa sambil makan camilan pas nonton, supaya enggak ngiler.

Pedal the World

Seorang pria asal Jerman, Felix Starck, mendokumentasikan perjalanannya sejauh 18 ribu kilometer mengarungi 22 negara hanya dalam kurun waktu setahun. Enggak sembarangan, Starck mengunjungi berbagai negara hanya dengan menggunakan sepeda.
ADVERTISEMENT
Pengalaman dia keliling dunia dengan bersepeda itulah yang menjadi highlight dalam serial dokumenter tersebut. Kamu bisa melihat keunikan dan keindahan alam, serta budaya di negara-negara yang ia kunjungi sambil melihat apa saja keseruan, bahkan kendala yang dialami Starck.
Gimana, seru-seru banget, kan. Siap Netflix and chill?