TikTok Lite vs Snack Video Disebut Aplikasi Penghasil Uang, Lebih Cuan Mana?

7 Mei 2021 11:31 WIB
comment
3
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Aplikasi TikTok Lite dan Snack Video disebut-sebut bisa menghasilkan sejumlah uang dengan nominal yang besar. Foto: Kumparan
zoom-in-whitePerbesar
Aplikasi TikTok Lite dan Snack Video disebut-sebut bisa menghasilkan sejumlah uang dengan nominal yang besar. Foto: Kumparan
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Aplikasi TikTok Lite dan Snack Video disebut-sebut bisa menghasilkan sejumlah uang dengan nominal yang besar kepada pengguna. Alhasil dua aplikasi serupa tapi tak sama itu langsung diserbu pengguna baru dan menjadi perbincangan di media sosial.
ADVERTISEMENT
Dalam konsep penghasil uang, baik TikTok Lite dan Snack Video memiliki kesamaan. Pertama, pengguna harus mengajak orang lain untuk bergabung agar dapat mengumpulkan poin yang bisa dikonversi menjadi uang. Dalam hal ini TikTok Lite menawarkan penghasilan lebih besar hingga Rp 60.000, sementara Snack Video hanya Rp 52.600.
Selain mengundang teman, pengguna kedua aplikasi juga bisa mendapatkan poin tambahan dengan menonton video. Khusus untuk TikTok Lite ada cara lain yaitu mem-posting video yang bisa mendapatkan 3.000 poin sehari sekali.
Contoh tugas dari TikTok Lite, bila setiap pengguna yang menonton video TikTok selama lebih dari 5 menit akan diberi hadiah minimal 1.000 koin, 15 menit 1.500 koin, dan lebih dari 30 menit dapat 3.000 koin. Sementara, Snack Video hanya berdasarkan check-in perhari yang bisa mendapatkan hingga 2.000 poin.
Perbedaan poin aplikasi TikTok Lite dan Snack Video. Foto: Kumparan

Perhitungan konversi uang di TikTok Lite dan Snack Video

Penentuan lebih menguntungkan mana antara TikTok Lite dan Snack Video terletak di perhitungan konversinya. TikTok Lite menjanjikan konversi uang sebesar 10 koin bernilai Rp 1.
ADVERTISEMENT
Sementara, Snack Video memberikan konversi uang 50 poin bernilai Rp 1. Perbedaan skema ini tentu lebih menggiurkan menggunakan aplikasi TikTok Lite dibanding Snack Video.
Misalkan pengguna baru TikTok mendapatkan 30 ribu koin saat mendaftar, berarti nilai uang didapatkan adalah Rp 3.000. Sedangkan, pengguna Snack Video hanya Rp 600. Untuk pengiriman uang TikTok Lite bisa melalui transfer bank, OVO, dan DANA. kemudian, Snack Video bisa melalui OVO dan GoPay.
Tidak ada koin yang dapat diberikan atau ditransfer ke pengguna lain dari platform atau pihak ketiga. Untuk melakukan penarikan pun ada aturannya. Penarikan pertama, pengguna harus memiliki setidaknya Rp 2.500 di dompet TikTok Lite, maupun Snack Video.
Ilustrasi TikTok. Foto: Irfan Adi Saputra/kumparan
Apa yang dilakukan TikTok Lite dan Snack Video, seperti memberikan uang kepada penggunanya tidak dilarang oleh otoritas pemerintah Indonesia. OJK menjelaskan TikTok Lite dan Snack Video bukan merupakan sektor jasa keuangan sehingga tidak merupakan entitas yang terdaftar atau diawasi oleh lembaganya.
ADVERTISEMENT
Kedua platform tersebut juga mendapatkan izin usaha terdaftar sebagai Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE) Kementerian Komunikasi dan Informatika dan memiliki badan hukum dan izin di Indonesia. Cara kerjanya, TikTok Lite dan Snack Video dilakukan untuk menjaring pengguna baru.
Meski begitu menggunakan kedua aplikasi ini untuk menghasilkan uang harus lebih hati-hati dan tidak sarankan menggunakan aplikasi ini secara gila-gilaan. Mengingat yang namanya program bagi-bagi hadiah sulit diprediksi, kapan akan berakhir.