Soal Kemitraan E-Money, Indosat Sebut Go-Pay Lebih Seksi dari T-Cash

1 Juni 2018 9:31 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Perusahaan telekomunikasi Indosat Ooredoo. (Foto: Aditya Panji/kumparan)
zoom-in-whitePerbesar
Perusahaan telekomunikasi Indosat Ooredoo. (Foto: Aditya Panji/kumparan)
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Indosat Ooredoo telah menarik dirinya dari bisnis digital dan memilih untuk menjalin kemitraan jika hendak menjalankan bisnis digital. Hal ini juga berlaku dalam bisnis uang elektronik alias e-money yang kini persaingannya makin sengit.
ADVERTISEMENT
CEO Indosat, Joy Wahjudi, sebelumnya sempat membuka kemungkinan agar pihaknya bermitra dengan Telkomsel dalam uang elektronik T-Cash yang bakal jadi 'Operator Agnostic' atau membuka layanannya agar terintegrasi dengan operator seluler lain di Indonesia.
Namun, Joy sekarang menutup kemungkinan untuk kerja sama dengan T-Cash. Dia saat ini juga tak akan proaktif menjalin kerja sama dengan T-Cash.
"Tidak. Saat ini belum," kata Joy ketika ditanya soal kemungkinan kerja sama dengan T-Cash dalam waktu dekat.
Telkomsel T-Cash (Foto: Telkomsel)
zoom-in-whitePerbesar
Telkomsel T-Cash (Foto: Telkomsel)
Di sisi lain, Indosat tak akan melarang pelanggannya untuk memakai aplikasi tertentu di ponselnya, termasuk aplikasi T-Cash yang tersedia diunduh di Android atau iOS, karena itu sepenuhnya adalah hak pelanggan.
"Itu kan OTT (over the top). Download saja apps-nya. Saya tidak bisa melarang hak pelanggan untuk pakai apps di hapenya," tambah Joy di Jakarta, Kamis (31/5).
ADVERTISEMENT
Dalam bisnis uang elektronik di Indonesia, Joy berkata masih banyak pemain lain yang lebih seksi dari T-Cash dan bisa diajak kerja sama.
"Banyak sebenarnya e-money yang sekarang lebih naik daun. Saya bisa kerja sama dengan Ovo. Go-Pay juga. Banyak lagi yang lain," tegas Joy.
Layanan uang elektronik GoPay. (Foto: Bianda Ludwianto/kumparan)
zoom-in-whitePerbesar
Layanan uang elektronik GoPay. (Foto: Bianda Ludwianto/kumparan)
Indosat saat ini masih melihat independensi Telkomsel dalam menggelar layanan agnostik T-Cash. Perusahaan perlu memantau bagaimana T-Cash memperlakukan data pengguna dan bagaimana bisnisnya dijalankan.
T-Cash di bulan Juni ini dilaporkan bakal resmi membuka layanannya menjadi agnostik. Jalan T-Cash ini bakal dibarengi dengan aksi korporasi menggandeng lebih banyak mitra dan mempermudah metode pembayaran agar lebih banyak menggaet pelanggan, termasuk pelanggan dari operator seluler lain.