Quran Challenge: Aplikasi Membaca Alquran Buatan Anak UI

17 Juni 2017 20:08 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Muhammad Faris (Foto: Instagram @ristekdikti)
zoom-in-whitePerbesar
Muhammad Faris (Foto: Instagram @ristekdikti)
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Muhammad Faris, mahasiswa Fasilkom UI angkatan 2103 ini berhasil membuat aplikasi membaca Alquran. Dengan aplikasi ini membaca Alquran hingga khatam menjadi lebih menyenangkan.
ADVERTISEMENT
Prestasi Faris ini dipublikasikan oleh akun resmi Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi @ristekdikti. Dalam unggahannya Kemristekdikti menjelaskan alasan Faris membuat aplikasi ini berawal dari keinginannya untuk menghafal Alquran pada tahun 2014 lalu. Namun Faris harus terlebih dahulu memperbaiki bacaan Alqurannya.
"Dari situ ia mulai terpikir untuk membuat suatu aplikasi yang dapat membuat proses membaca Alquran menjadi lebih menyenangkan," tulis @ristekdikti.
Aplikasi Quran Challenge: Read Quran di Play Store (Foto: Salmah Muslimah/kumparan)
zoom-in-whitePerbesar
Aplikasi Quran Challenge: Read Quran di Play Store (Foto: Salmah Muslimah/kumparan)
Pada tahun 2016 Faris berhasil mewujudkan cita-citanya tersebut. Dia membuat sebuah aplikasi berbasis web (web-app) pembaca Alquran dengan desain dan konsep seperti bermain game.
Dalam sistemnya, aplikasi ini mempunyai konsep reward dan achievement yang didapat ketika penggunanya sudah menyelesaikan beberapa ayat atau juz dan mencapai level tertentu.
Saat ini, aplikasi yang dinamai "Quran Challenge: Read Quran" ini dapat diunduh langsung di Google Play Store untuk sistem operasi iOS dan Android.
ADVERTISEMENT
Cara menggunakannya mudah. Setelah menginstal aplikasi tersebut di ponsel, pengguna dapat menekan tombol play dan ayat yang dibaca akan berjalan ke kanan. Setiap membaca satu halaman, poin pengguna akan bertambah. Poin inilah yang menantang pengguna untuk terus menambah bacaan Alqurannya. Semakin rajin membaca, semakin banyak poin yang didapat. Bagaimana, Anda tertarik mencobanya?