Pengguna Internet Keluhkan Sulit Akses Youtube dan Layanan Google

8 April 2021 11:45 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Ilustrasi YouTube. Foto: REUTERS/Dado Ruvic
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi YouTube. Foto: REUTERS/Dado Ruvic
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Pengguna internet mengeluh sulit membuka YouTube dan layanan Google hari ini, Kamis (8/4). Para pengguna melaporkan mereka tak bisa streaming video di YouTube dan mengakses layanan Google, mulai dari Meet hingga Gmail.
ADVERTISEMENT
Saat ini, belum jelas penyebab masalah dan cakupan pengguna yang terdampak dari gangguan tersebut. Berdasarkan pantauan kumparanTECH, para pengguna IndiHome mengeluhkan kesulitan akses ke layanan Google lewat media sosial Twitter.
Keluhan pengguna internet yang sulit buka YouTube dan Google Meet pertama kali muncul sekitar 10.20 WIB. Pada awalnya, pelanggan menyebut mereka enggak bisa buka Google Meet, yang bikin aktivitas pembelajaran jarak jauh (PJJ) dan work from home mereka terganggu.
Pada 10.30 WIB, beberapa pengguna mulai mengeluh di Twitter kalau YouTube error.
Berdasarkan pantauan kumparanTECH, beberapa pengguna sudah bisa mengakses Google Meet dan YouTube per 10.52 WIB. Meski begitu, terkadang sejumlah pengguna lain masih sulit mengakses.
Astrid, salah satu pengguna internet IndiHome di wilayah Bekasi mengatakan, gangguan tersebut dirasakannya sejak pukul 11.00 WIB siang.
ADVERTISEMENT
“Dari tadi aplikasi YouTube enggak bisa kebuka. Thumbnail video enggak ada yang muncul. Lewat aplikasi browser juga enggak bisa kebuka,” kata Astrid, Kamis (8/4).
Hal yang sama juga dirasakan oleh Kevin di Jakaeta dan Erwin di Bekasi. Keduanya merasakan kesulitan akses internet ke layanan Google termasuk YouTube.
"Streaming kadang connect, kadang loading. Begitu lagi dalam beberapa menit kemudian. Sesekali Youtube buffering, beberapa menit lancar lagi," ujar Kevin, Kamis (8/4).
"Sampai saat ini internet lemot bahkan buka Google Sheet bisa 20 menit. Meeting Google Meet juga terganggu," tulis Erwin.
kumparanTECH telah meminta tanggapan perwakilan Google Indonesia terkait masalah ini. Mereka membantah bahwa kesulitan akses pengguna disebabkan dari layanan Google.