Nvidia Uji Layanan Streaming Game GeForce Now di Android

19 Oktober 2019 15:37 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Logo perusahaan teknologi Nvidia. Foto: Robert Galbraith/Reuters
zoom-in-whitePerbesar
Logo perusahaan teknologi Nvidia. Foto: Robert Galbraith/Reuters
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Nvidia diam-diam sudah merilis layanan streaming game GeForce Now versi beta untuk ponsel Android. Sebelumnya, perusahaan penyedia kartu grafis komputer itu sempat mengumumkan bahwa mereka akan membawa GeForce Now ke Android pada Agustus 2019.
ADVERTISEMENT
GeForce Now merupakan layanan streaming game besutan Nvidia yang sudah dirilis sejak 2015 lalu. Adapun upaya mereka untuk membawa GeForce Now ke Android merupakan langkah perusahaan untuk menyaingi Google dan Microsoft yang juga akan merambah layanan streaming game mereka ke ponsel.
Dilansir 9to5Google, layanan streaming game GeForce Now sekarang sudah dapat dinikmati oleh pengguna Android di Korea Selatan. Pengguna Android (5.0 ke atas) di negara lain juga dapat menikmati layanan streaming game tersebut dengan mendownload aplikasi GeForce Now melalui APKMirror.
Dari sisi fungsionalitas, GeForce versi Android tidak memiliki perbedaan yang jauh dengan versi PC, Mac, maupun Nvidia Shield. Pengguna hanya perlu masuk ke akun GeForce Now, memilih game yang mereka miliki, dan memainkannya.
ADVERTISEMENT
Dengan keberadaan layanan streaming game di ponsel, pengguna dimungkinkan untuk merasakan pengalaman bermain game berat layaknya di konsol. Hal ini karena pemrosesan game dijalankan oleh server penyedia layanan, dan tidak bergantung dengan spesifikasi perangkat.
Jika dibandingkan dengan layanan streaming game lain, GeForce Now versi Android memiliki satu keunggulan. Tidak seperti layanan Stadia dari Google, GeForce Now memungkinkan pengguna untuk mengakses game yang mereka miliki di library dan mengakses game dari platform seperti Epic Games dan Steam.
Platform cloud gaming Nvidia, GeForce Now. Foto: Nvidia
Sayangnya, pengguna Android yang ingin menikmati layanan GeForce Now perlu menyiapkan gamepad Bluetooth. Pasalnya, beberapa game yang tersedia tidak kompatibel dengan kontrol layar sentuh.
Selain itu, masih ada sejumlah pertanyaan tentang layanan ini, di antaranya adalah biaya yang diperlukan pengguna untuk menikmati GeForce Now dan kapan versi final dari layanan ini dirilis. Dengan Google Stadia dan Microsoft xCloud yang juga akan segera dirilis di ponsel Android, GeForce Now akan menghadapi persaingan yang berat.
ADVERTISEMENT