Kumpulan Meme Lucu 'Unicorn yang Online-online Itu'

18 Februari 2019 7:03 WIB
Capres no urut 01 Joko Widodo dan Capres no urut 02 Prabowo Subianto berjabat tangan  usai Debat Kedua Capres 2019 di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu, (17/2). Foto: Jamal Ramadhan/kumparan
zoom-in-whitePerbesar
Capres no urut 01 Joko Widodo dan Capres no urut 02 Prabowo Subianto berjabat tangan usai Debat Kedua Capres 2019 di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu, (17/2). Foto: Jamal Ramadhan/kumparan
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Pembahasan tentang startup unicorn saat debat kedua Pilpres 2019, Minggu (17/2), menjadi sorotan netizen. Dalam sesi debat inspiratif, calon presiden nomor urut 01, Joko Widodo, mendapat kesempatan mengajukan pertanyaan soal perkembangan startup unicorn di Indonesia kepada lawan debatnya, Prabowo Subianto.
ADVERTISEMENT
Pertanyaan tersebut ternyata sempat membuat calon presiden nomor urut 02 ini bingung. Saat menanggapi pertanyaan tersebut, Prabowo terlebih dahulu memastikan pengertian dari 'unicorn'.
"Unicorn? Yang online-online itu, kan?" kata Prabowo sebelum menjawab pertanyaan yang diajukan Jokowi.
Capres nomor urut 02 Prabowo Subianto menyampaikan pendapatnya saat debat capres 2019 putaran kedua di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu (17/2/2019). Foto: Jamal Ramadhan/kumparan
Melihat hal itu, netizen kemudian berkreasi membantu Prabowo menjelaskan istilah unicorn, tentu dalam bentuk posting-an lucu alias meme. Mereka bahkan mengaitkannya dengan makhluk mitos kuda putih bertanduk.
Berikut kumpulan meme kocak tentang startup unicorn yang dibahas Jokowi dan Prabowo saat debat pilpres kedua.
Bukan, bukan unicorn itu yang dimaksud oleh Jokowi. Pengertian unicorn ini adalah 'gelar' bagi startup-startup yang valuasinya telah melebihi angka 1 miliar dolar AS (atau setara Rp 14,1 triliun).
ADVERTISEMENT
Saat ini, Indonesia sudah memiliki empat startup unicorn yaitu GOJEK, Tokopedia, Bukalapak, dan Traveloka. Hal ini membuat Indonesia menjadi negara penghasil unicorn terbanyak di kawasan Asia Tenggara.
Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara pernah berkata, Indonesia bakal memiliki satu startup lagi penyandang gelar unicorn pada 2019 ini.
Perusahaan transportasi online GOJEK. Foto: Beawiharta/Reuters
Ketika Indonesia masih mencari startup unicorn selanjutnya, GOJEK sendiri telah semakin dekat untuk meraih gelar yang lebih tinggi lagi dari unicorn, yakni 'decacorn'. Berbeda dengan unicorn, istilah decacorn ditujukan untuk startup yang memiliki valuasi lebih dari 10 miliar dolar AS.
Menurut laporan TechCrunch, nilai valuasi GOJEK saat ini telah nyaris mencapai angka 10 miliar dolar AS setelah menerima suntikan dana baru yang dipimpin oleh Google, JD(dot)com, dan Tencent.
ADVERTISEMENT