Instagram Mulai Tandai Pengguna yang Tulis Caption Bully

18 Desember 2019 8:03 WIB
comment
19
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Ilustrasi aplikasi Instagram. Foto: freestocks via Pixabay
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi aplikasi Instagram. Foto: freestocks via Pixabay
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Media sosial Instagram kembali menghadirkan fitur baru untuk menghentikan tindakan bullying di platform-nya. Instagram mulai merilis fitur yang dapat peringati pengguna bahwa tulisan di caption foto atau videonya dianggap ofensif.
ADVERTISEMENT
Fitur yang didukung teknologi kecerdasan buatan (artificial intellegence/AI) ini bisa mendeteksi kata-kata yang menjurus untuk menyerang atau mempermalukan pengguna lain.
Ketika pengguna menuliskan kata yang ofensif, sistem Instagram akan mengenali dan akan muncul peringatan untuk memberikan kesempatan menimbang kata-kata tersebut sebelum mem-posting.
"Sebagai bagian dari komitmen jangka panjang untuk memimpin perjuangan melawan online bullying, kami telah mengembangkan dan menguji AI yang dapat mengenali berbagai bentuk penindasan di Instagram," kata Instagram, dalam pernyataan resminya.
Menurut Instagram, selain membatasi bullying, fitur peringatan di caption ini juga bisa menjadi sarana edukasi pengguna tentang aturan main di platform-nya. Dengan begitu pengguna bisa tahu hal-hal apa saja yang tidak diizinkan dan berisiko melanggar aturan di Instagram.
Ilustrasi Instagram. Foto: Shutterstock
Pada tahap awal, fitur ini telah dirilis untuk beberapa negara tertentu. Setelah itu, Instagram akan merilisnya secara global dalam waktu dekat.
ADVERTISEMENT
Sebelumnya, Instagram telah merilis fitur anti-bullying untuk mendeteksi komentar-komentar yang dianggap ofensif dan merugikan pengguna. Untuk fitur yang juga menggunakan AI ini, Instagram mengklaim telah sukses membuat pengguna mempertimbangkan kembali kata-katanya saat ini berkomentar untuk tidak menyakiti perasaan orang lain.