Profit Edisi 4 - William Tanuwijaya Tokopedia

CEO Tokopedia Raih Penghargaan Pemimpin Inovatif dari The Asian Banker

30 Juli 2021 16:02 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
ADVERTISEMENT
Pendiri sekaligus CEO Tokopedia, William Tanuwijaya, meraih penghargaan bergengsi dari The Asian Banker, majalah ekonomi terkemuka di kawasan Asia. William menjadi satu-satunya CEO perusahaan dari Indonesia yang mendapatkan penghargaan tersebut.
ADVERTISEMENT
CEO Tokopedia itu dinobatkan sebagai pemenang Innovation Leadership Achievement Awards 2021 asal Indonesia dalam penghargaan The Asian Banker Leadership Achievement Awards 2021. Selain William, ada sejumlah CEO dan top management dari negara-negara lain yang juga meraih penghargaan serupa, seperti dari Australia, China, India, Singapura, dan Vietnam.
The Asian Banker menyelenggarakan Innovation Leadership Achievement Awards setiap tiga tahun. Ini adalah program penghargaan individu yang paling utama untuk menggarisbawahi pentingnya kepemimpinan yang sehat dan visioner dalam menciptakan dan mendorong lingkungan serta budaya inovasi di masing-masing institusi.
"Kami ingin memberikan penghargaan kepada para eksekutif terkemuka yang visi, upaya, dan komitmennya menginspirasi, serta memperjuangkan inovasi yang telah dihargai dengan baik oleh rekan-rekan di industri ini," tulis The Asian Banker.
ADVERTISEMENT
William dikenal sebagai sosok pemimpin yang tenang dan bijaksana. Ia gemar melontarkan kata-kata inspiratif. Kepemimpinannya ingin membawa Tokopedia menjadi platform yang memberi kesempatan setara bagi semua orang untuk berdagang secara online, yang pada akhirnya meningkatkan kesejahteraan mitra, dan mendukung ekonomi digital Indonesia.
Untuk memilih para pemenang, The Asian Banker membentuk dewan penasihat dengan melibatkan tokoh-tokoh terkemuka. Di antaranya, Professor Emeritus Alain Chevalier yang merupakan profesor ekonomi di ESCP Europe, President and Chief Executive Officer of Bankers' Association for Finance and Trade (BAFT) Tod Burwell, dan Gordian Gaeta, seorang konsultan perbankan dengan pengalaman kurang lebih selama 25 tahun.
Dari Australia, penghargaan diberikan kepada Co-founder and CEO Airwallex, Jack Zhang, sedangkan dari China diraih Co-founder, Chairman and CEO, Linklogis, Song Qun, dan CEO Pintec, Victor Li Huike.
William Tanuwijaya. Foto: Fanny Kusumawardhani/kumparan
Berikut para pemenang Innovation Leadership Achievement Awards 2021 dari The Asian Banker:
ADVERTISEMENT

Innovation Leadership Achievement Award in Australia

Innovation Leadership Achievement Award in China

Innovation Leadership Achievement Award in India

Innovation Leadership Achievement Award in Indonesia

Innovation Leadership Achievement Award in Singapore

Innovation Leadership Achievement Award in Vietnam

Perusahaan E-commerce anggota idEA, Tokopedia. Foto: Jofie Yordan/kumparan

Perjalanan William Tanuwijaya besarkan Tokopedia

Tokopedia didirikan pada 2009 oleh dua sekawan, William Tanuwijaya yang kini menjabat sebagai CEO, dan Leontinus Alpha Edison yang kini di posisi Vice Chairman. Pada 17 Agustus 2009, situs marketplace Tokopedia.com resmi meluncur.
ADVERTISEMENT
Kisah pilu mewarnai perjalanan William dalam membangun Tokopedia. Berulang kali ide dan perusahaannya diremehkan oleh calon investor Tokopedia karena kala itu, tidak ada kisah sukses platform e-commerce di Indonesia, dan pemain lokal tak akan dapat bersaing dengan pemain e-commerce global. Ada masa di mana William mengikuti job expo untuk merekrut calon pekerja. Dua hari di acara itu, tak satu pun pelamar kerja yang mereka terima. Sementara di booth lain, dia menyaksikan antrean pelamar.
Pada 2013, William Tanuwijaya diundang SoftBank Korea untuk datang ke kantor pusat mereka di Jepang, bertemu dengan Masayoshi Son. Dia hanya diberi waktu 5 menit mempresentasikan proposal bisnisnya. Dari pertemuan inilah Tokopedia pada 2014 meraup pendanaan sebesar 100 juta dolar AS atau saat itu setara Rp 1,2 triliun.
William Tanuwijaya. Foto: Dok. Tokopedia
Kini Tokopedia adalah platform marketplace terbesar di Indonesia yang mempertemukan pedagang dan pembeli secara online, yang turut menyediakan solusi logistik hingga pembayaran digital. Platform menjangkau 99 persen kecamatan di seluruh Indonesia dengan lebih 100 juta pengguna aktif setiap bulan dan lebih dari 11 juta penjual. Nilai growth merchandise value (GMV) Tokopedia pada 2019 berada di angka lebih dari Rp 200 triliun.
ADVERTISEMENT
Sedang memuat...0 Konten
Sedang memuat...0 Konten
Sedang memuat...0 Konten
Sedang memuat...0 Konten
Sedang memuat...0 Konten