Akhirnya, Apple Mulai Buka Fitur 5G untuk iPhone di Indonesia

5 Februari 2022 11:17 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
iPhone 13. Pro Foto: Apple
zoom-in-whitePerbesar
iPhone 13. Pro Foto: Apple
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Apple sepertinya mulai membuka fitur 5G pada perangkat iPhone punya kemampuan 5G di Indonesia. Hal ini terlihat dari tersedianya opsi untuk mengakses jaringan internet mobile 5G di iPhone pasca-pembaruan sistem operasi iOS terbaru.
ADVERTISEMENT
Seorang pembaca kumparanTECH di Jakarta mengatakan, iPhone 13 Pro Max miliknya mendapatkan fungsi untuk mengaktifkan jaringan 5G setelah melakukan update sistem operasi iOS 15.3. Sementara operator seluler yang dipakai adalah Telkomsel.
"Fitur 5G sudah muncul di iPhone saya setelah update ke iOS 15.3. Saya pakai Telkomsel," katanya, Sabtu (5/2).
Dari tangkapan layar yang dia bagikan kepada kumparanTECH, ada dua pilihan jaringan 5G yang tersedia di menu Voice and Data, yakni 5G On dan 5G Auto. Opsi tersebut berada di atas pilihan 4G.
Seorang pelanggan Telkomsel mengatakan fitur 5G di iPhone 13 Pro Max sudah terbuka setelah update software iOS 15.3. Foto: Dok. Istimewa
5G Auto adalah mode yang akan membuat iPhone otomatis beralih ke 5G jika jaringan tersebut tersedia dan kembali ke 4G LTE ketika jaringan 5G tidak ada di lokasi pengguna. Fitur ini juga bisa membuat baterai perangkat lebih hemat.
ADVERTISEMENT
Sementara fitur 5G On memungkinkan iPhone untuk selalu mengaktifkan 5G, baik dalam kualitas jaringan yang baik atau buruk. Jika diaktifkan, mode ini bisa mengurangi masa pakai baterai.
Belum diketahui secara pasti apakah fitur 5G di iPhone 12 dan 13 Series ini juga sudah dapat dinikmati pelanggan dari operator seluler lain di Indonesia, seperti XL Axiata dan Indosat Ooredoo Hutchinson.
Clarissa Natan, seorang pelanggan XL Axiata dan pemakai iPhone 13, berkata dirinya belum mendapatkan fitur 5G meski smartphone-nya telah update software ke iOS versi 15.3.
Seorang pelanggan XL Axiata bernama Clarissa, mengatakan belum dapat fitur 5G di iPhone 13 miliknya. Foto: Dok. Clarissa Natan
Telkomsel merupakan operator seluler terbesar di Indonesia yang sangat mungkin menjalin kemitraan dengan Apple untuk pengalaman 5G. Apalagi perusahaan juga sudah menjual paket bundling iPhone 13 Series lengkap dengan bonus kuota hingga akses tak terbatas ke sejumlah aplikasi chat, e-commerce, dan layanan hiburan, seperti MAXStream, GamesMAX, Disney+ Hotstar, hingga Lionsgate.
ADVERTISEMENT
Seorang sumber terpercaya dari lingkaran operator seluler Indonesia mengatakan kepada kumparanTECH, bahwa Apple berencana membuka fitur 5G pada produk iPhone yang sudah mendukung 5G di Indonesia pada akhir Februari 2022, melalui update software. Update itu mungkin sudah digulirkan bertahap.