Ada Fitur Baru Advance Search di WhatsApp, Begini Tampilannya

4 Oktober 2020 11:44 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Ilustrasi WhatsApp. Foto: Allie via Unsplash
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi WhatsApp. Foto: Allie via Unsplash
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Fitur Advance Search (Pencarian Lanjutan) akhirnya tiba di WhatsApp. Melalui fitur ini, pengguna bisa mencari konten yang ada di chat WhatsApp secara lebih terperinci sesuai kategori file yang dicari.
ADVERTISEMENT
Advance Search sendiri merupakan pengembangan dari fitur Search yang ada di aplikasi WhatsApp. Keberadaan fitur Advance Search bakal semakin memudahkan pengguna untuk mencari berbagai jenis pesan yang ada di chat mereka.
Berbeda dengan fitur Search sebelumnya yang hanya bisa mencari pesan dalam bentuk teks saja, sekarang kamu cuma perlu memilih jenis file pesan apa yang kamu cari. Setidaknya, ada enam kategori filter file yang bisa kamu cari melalui Advance Search, yang terdiri dari: Foto, GIF, Video, Dokumen, Tautan atau Link, dan Audio.
Tampilan fitur Advance Search di aplikasi WhatsApp. Foto: kumparan
WhatsApp juga akan menampilkan hasil pencarian dari riwayat obrolan dan juga menghadirkan opsi ketika kamu mencari kata kunci yang sama untuk foto, tautan, dan video.
Sebagai contoh, jika kamu mengetik kata "kucing" di kolom pencarian, WhatsApp tak hanya menampilkan pesan yang membawa kata yang sama, tetapi juga menyertakan gambar atau video yang mungkin telah kamu bagikan dengan pesan yang mengandung kata "kucing".
ADVERTISEMENT
Menurut catatan blog teknologi yang memantau seluk-beluk WhatsApp, WABetaInfo, fitur Advance Search sebenarnya sudah tersedia di WhatsApp Beta pada akhir Februari 2020. Setelah 7 bulan lebih, fitur ini akhirnya rilis Android di WhatsApp versi 2.20.200.22.
Meski demikian, berdasarkan pengamatan kumparanTECH, belum semua pengguna WhatsApp Android versi 2.20.200.22 mendapatkan fitur Advance Search.
Di iOS sendiri, fitur Advance Search sudah tersedia sejak Februari 2020. WhatsApp pun tidak menjelaskan secara resmi rencana peluncuran fitur Advance Search untuk Android.