31 Desember, WhatsApp Setop Dukungan untuk Sistem Operasi BlackBerry

27 Desember 2017 16:34 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Aplikasi pesan instan WhatsApp. (Foto: Dado Ruvic/Reuters)
zoom-in-whitePerbesar
Aplikasi pesan instan WhatsApp. (Foto: Dado Ruvic/Reuters)
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Akhir tahun 2016 lalu, aplikasi pesan instan WhatsApp mengumumkan bakal mengakhiri dukungan pembaruan software untuk sejumlah platform mobile lawas. Kini, WhatsApp resmi mengumumkan pemberhentian dukungan tersebut akan dilakukan pada 31 Desember mendatang.
ADVERTISEMENT
WhatsApp mengaku pemberhentian dukungan ini disebabkan aplikasi pesan itu mau memfokuskan diri ke platform mobile yang sekarang banyak digunakan orang. Sistem operasi yang akan diakhiri dukungannya oleh WhatsApp di antaranya adalah BlackBerry OS (termasuk BlackBerry 10) dan Windows Phone 8.0.
Dengan begitu, para pengguna WhatsApp di kedua platform itu setelah tanggal 31 Desember nanti tidak akan bisa membuat akun baru atau memverifikasi akun yang telah ada. WhatsApp menyatakan aplikasinya bisa berhenti berfungsi kapan saja di kedua platform itu.
"Meskipun platform mobile ini telah menjadi bagian penting dari cerita kami, namun sayangnya mereka sudah tidak menawarkan kemampuan yang kami butuhkan untuk memperluas fitur aplikasi kami di masa mendatang," tulis WhatsApp di situs resminya.
Ilustrasi WhatsApp (Foto: Pixabay)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi WhatsApp (Foto: Pixabay)
Dalam beberapa bulan ke belakang, WhatsApp telah memperkenalkan sejumlah fitur baru yang cukup berguna, misalnya menghapus pesan yang telah dikirim dan membagikan lokasi secara real-time. Tapi, sepertinya platform-platform 'tua' seperti BlackBerry OS dan Windows Phone 8.0 menghambat perusahaan untuk mengembangkan fungsi di aplikasinya jadi lebih maju.
ADVERTISEMENT
WhatsApp menyarankan bagi para penggunanya yang masih menggunakan sistem operasi lawas untuk meningkatkan perangkatnya menggunakan sistem operasi Android, iOS, atau Windows Phone terbaru.
Setelah berpindah, pengguna cukup instal WhatsApp dan verifikasi nomor telepon di perangkat baru. Perlu diingat, WhatsApp hanya dapat diaktifkan dengan satu nomor telepon pada satu perangkat dalam satu waktu.
Sebelumnya, WhatsApp telah mengambil langkah yang sama untuk sistem operasi Nokia Symbian S60 pada 30 Juni 2017 lalu. Kemudian secara bertahap mereka juga akan menghentikan pembaruan untuk sistem operasi Nokia S40 pada 31 Desember 2018, lalu Android versi 2.3.7 atau versi lebih lawas pada 1 Februari 2020.