2 Fitur HP Oppo yang Bikin Kerja Makin Produktif

19 Oktober 2021 13:13 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Ilustrasi bekerja. Foto: Jamal Ramadhan/kumparan
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi bekerja. Foto: Jamal Ramadhan/kumparan
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Handphone (HP) menjadi alternatif termudah untuk menyelesaikan pekerjaan. Ia praktis dan mudah dibawa kemana pun.
ADVERTISEMENT
Namun, menggunakan HP sebagai medium juga punya kekurangan. Ia seringkali membuat penggunanya gampang terdistraksi akibat gangguan entah dari notifikasi atau chat masuk.
Oppo, selaku vendor smartphone, memberikan sejumlah fitur yang bisa menyiasati isu tersebut di perangkat buatannya, agar kerja pengguna tetap produktif meski hanya memakai ponsel.
Berikut dua fitur di HP Oppo yang bikin kerja pengguna makin produktif.

Focus Mode

Fitur Focus Mode di HP Oppo bekerja dengan memblokir notifikasi masuk dan beberapa aplikasi tertentu pada waktu yang telah diatur sebelumnya.
Saat fitur diaktifkan, ikon aplikasi yang diblokir akan berwarna abu-abu di home screen, menandakan aplikasi terkunci dan tidak bisa dibuka. Aplikasi juga tidak akan mengeluarkan notifikasi apapun selama fitur aktif.
ADVERTISEMENT
Dengan ini, pengguna tidak dapat mengakses aplikasi tersebut serta tidak menerima notifikasi untuk sementara waktu.
Tampilan Oppo A16 Foto: Oppo
Kehadiran Focus Mode pada HP Oppo dapat membuat pengguna lebih fokus bekerja dan belajar tanpa mendapat gangguan. Terlebih, kamu dapat mengatur waktu kapan fitur ini aktif.
Setelah itu kamu juga dapat mematikannya jika ingin berselancar secara bebas semua aplikasi hiburan di HP.

FlexDrop

Untuk meringankan aktivitas saat multitasking, Oppo menghadirkan fitur FlexDrop yang bisa membuat penggunanya menjalankan dua aplikasi sekaligus dalam satu layar.
FlexDrop sendiri memiliki sedikit perbedaan dengan mode dua layar yang banyak ditemui pada smartphone Android lainnya. Ia memiliki tampilan yang mudah diposisikan sesuai keinginan dan tidak mengganggu pandangan pada aplikasi yang dibuka.
ADVERTISEMENT
Jadwal aktifnya fitur dalam beberapa hari ke depan ini bisa diatur pengguna. Contohnya saat kamu ingin mengaktifkannya pada jam 07.00 hingga 12.00 dari hari Senin hingga Jumat, Focus Mode akan otomatis berjalan waktu tersebut tanpa perlu diatur setiap harinya.
Pengaturan jadwal FlexDrop di Oppo A16. Foto: Dok. Oppo
Ketika fitur diaktifkan, aplikasi kedua akan ditampilkan di atas aplikasi yang dibuka pertama kali. Aplikasi kedua yang ada di aplikasi pertama dapat dipindahkan dan disesuaikan ukurannya sesuai kenyamanan masing-masing.
Dengan ini, kamu kamu bisa melakukan dua hal berbarengan, misal ber-chatting ria sambil nonton video YouTube – tanpa menutup atau beralih aplikasi.
Kamu bisa membalikkan posisi kedua aplikasi atau membuat tampilannya full di layar. Dengan tersedianya berbagai pilihan tampilan, bisa membantu kamu melakukan berbagai hal aktivitas lebih mudah dan cepat.
ADVERTISEMENT
Oppo Reno 6 dan Oppo A16 merupakan dua smartphone yang memiliki dua fitur ini. Kedua perangkat sudah dijual di Indonesia dengan harga mulai dari Rp 5 jutaan untuk Oppo Reno 6 dan Rp 2 jutaan untuk Oppo A16.
***
Ikuti survei kumparan Tekno & Sains dan menangi e-voucher senilai total Rp 3 juta. Isi surveinya sekarang di kum.pr/surveiteknosains.