Warna Cat Tembok yang Buat Ruangan Terlihat Lebih Luas

31 Agustus 2017 17:27 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Inspirasi warna dinding sebuah ruangan. (Foto: Thinkstock)
zoom-in-whitePerbesar
Inspirasi warna dinding sebuah ruangan. (Foto: Thinkstock)
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Jika dahulu sebuah gaya rumah identik dengan ruangan yang luas, berbeda dengan kini. Nampaknya, masyarakat lebih menyukai bangunan yang minimalis. Namun, permasalahan umum yang sering terjadi pada mereka yang mempunyai rumah minimalis adalah kecilnya ruangan yang membuat hunian terasa sempit.
ADVERTISEMENT
Tak perlu khawatir jika hunian akan terlihat lebih sempit, karena ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan dalam membuat sebuah ruangan nampak lebih besar. Permainan warna dianggap sebagai cara yang paling tepat dalam menyulap ruangan yang sempit menjadi sedikit lebih luas.
Ardan Hanafi selaku Deputy Communication & Interior Manager IKEA Indonesia mengungkapkan bahwa warna netral bisa menjadi cara alternatif untuk mengatasi terbatasnya ukuran ruangan hunian.
"Memang ada warna-warna yang bisa menjadikan sebuah ruangan nampak terlihat lega. Warna netral seperti warna putih atau abu-abu yang dicat ke tembok akan memberikan dampak yaitu ruangan terlihat lebih besar," terang Ardan yang diwawancarai kumparan (kumparan.com) di IKEA Alam Sutera, Rabu (30/8).
"Warna-warna tersebut akan memberikan efek terang karena warna-warna ini bisa menimbulkan cahaya yang membuat ruangan jadi lebih luas," sambungnya.
Warna netral dinding ruangan. (Foto: Thinkstock)
zoom-in-whitePerbesar
Warna netral dinding ruangan. (Foto: Thinkstock)
Warna cat tembok yang juga bisa membuat ruangan terlihat lebih luas adalah cokelat muda, ivory atau putih gading, dan beberapa warna pastel seperti biru langit serta kuning pucat.
ADVERTISEMENT
Selain warna, poin pentingnya diakui Ardan adalah perihal pemilihan aksen ruangan. Penyesuaian perabotan rumah dengan ukuran ruangan sangat menentukan hasil akhir dari sebuah ruangan.
"Setelah warna, kita harus pintar dalam memilih aksen rumah yang akan kita gunakan. Karena bukan berarti untuk membuatnya jadi lebih lega, semua perabot rumah pun harus berwarna senada juga," tutur Ardan.
Memilih warna yang tepat untuk sebuah ruangan. (Foto: Thinkstock)
zoom-in-whitePerbesar
Memilih warna yang tepat untuk sebuah ruangan. (Foto: Thinkstock)
Menurutnya, pemilihan aksen ruangan sangat mewakili personalisasi seseorang. Desain dan isi perabotan rumah seseorang sangat menentukan karakter dari si penghuni rumah.
Penting bagi keluarga untuk menentukan gaya rumah serta isi perabotan rumah dan warna tembok yang dipilih untuk menunjukkan siapa diri mereka yang sebenarnya. Karena ruangan sebuah hunian adalah cerminan orang yang mendiami rumah tersebut.
ADVERTISEMENT
Oleh karena itu, Ardan berharap jika para keluarga bisa menyiasati setiap ruangan dengan memilih perabotan rumah yang multifungsi atau serbaguna demi mewujudkan ruangan yang luas tanpa perlu banyaknya barang yang diletakkan di setiap sudut ruangan.